Karena Organ Jantung Tertinggal, Pesawat Ini Putar Balik ke Seattle

Padahal, bagian organ ini bermaksud untuk didonorkan

Seattle, IDN Times - Biasanya, pesawat terbang memutuskan untuk memutar balik dengan berbagai alasan, terutama masalah cuaca atau masalah mesin. Namun, kejadian yang satu ini justru belum pernah terdengar sebelumnya karena sebuah pesawat terbang memutuskan terbang kembali ke tempat asal, Seattle, karena organ jantung manusia tertinggal di dalam pesawat. Bagaimana awal ceritanya?

1. Pesawat tersebut sudah berada dalam setengah perjalanan menuju Dallas

Karena Organ Jantung Tertinggal, Pesawat Ini Putar Balik ke Seattletwitter.com/912CroozeFM

Dilansir dari BBC, sebuah pesawat terbang dengan maskapai Southwest Airlines dengan rute Seattle-Dallas ini terpaksa kembali ke Seattle dengan alasan yang begitu mencengangkan. Pasalnya, ada sebuah organ jantung manusia yang tertinggal di dalam pesawat, sebuah bawaan yang tidak lazim pada umumnya. Uniknya, pihak maskapai sendiri ternyata tidak menyadari ada bawaan yang tertinggal di dalam pesawat ketika berada dalam setengah perjalanan menuju Dallas.

Kejadian ini sendiri terjadi pada hari Minggu, 9 Desember 2018, lalu. Sebelumnya, pesawat itu sudah tiba sebelumnya dari California menuju Seattle saat itu. Saat perjalanan sudah memasuki Idaho, pilot pesawat mengatakan bahwa pesawat akan kembali berputar menuju Seattle serta memberi tahu kepada seluruh penumpang alasan mengapa kembali ke sana.

2. Reaksi penumpang justru bahagia mendengar keputusan pilot pesawat yang ditumpanginya ini

Karena Organ Jantung Tertinggal, Pesawat Ini Putar Balik ke Seattlepixabay.com/StockSnap

Bukannya merasa kesal atau kecewa, sebagian besar penumpang justru merasa bahagia mendengar keputusan dari pilot pesawat yang ditumpangi mereka. Tak jarang, seperti penumpang bernama Andrew Gottschalk terkejut mendengar kabar ini, namun ia merasa bisa menyelamatkan hidup seseorang. Ia juga mengatakan bahwa para penumpang lainnya merasa khawatir karena apakah organ jantung tersebut masih bisa digunakan untuk transplantasi.

Beruntung saat tertinggal di dalam pesawat, tidak ada pasien satupun yang membutuhkan organ jantung tersebut dalam waktu dekat. Memang, organ tersebut akan didonorkan kepada orang-orang yang membutuhkan. Juru bicara pihak maskapai Southwest Airlines, Dan Landson, mengatakan waktu adalah esensi yang paling penting. 

"Kami membuat keputusan untuk kembali ke Seattle karena sangat penting untuk mengirimkan kiriman ke tujuannya di daerah Seattle secepat mungkin. Tidak ada yang lebih penting bagi kami daripada keselamatan pelanggan kami dan pengiriman aman kargo berharga yang kami angkut setiap hari," ungkap Dan Landson seperti yang dikutip dari Nbcnews.com.

Baca Juga: Pekan Depan, Pesawat Batik Air Resmi Layani Rute Banyuwangi-Jakarta

3. Setelah tertunda berjam-jam, seluruh penumpang disarankan untuk pindah ke pesawat lainnya

Karena Organ Jantung Tertinggal, Pesawat Ini Putar Balik ke Seattlemashable.com

Pihak dari pendonor, Deanna Santa dari Sierra Donor Services di Sacramento, California, mengatakan pengadaan organ jantung melalui kurir ini telah diambil di Sacramento untuk dikirimkan ke Seattle. Setelah penerbangan kembali ke Seattle, organ jantung tersebut dibawa ke pusat kesehatan donor untuk penyimpanan jaringan serta telah diterima dalam jangka waktu yang dibutuhkan. 

Untuk pesawat tersebut yang telah menunda selama 5 jam untuk melanjutkan perjalanan ke Dallas, seluruh penumpang pesawat disarankan untuk pindah ke pesawat lainnya untuk melanjutkan kembali perjalannya. Alasannya, karena masih ada masalah mekanis yang ada dalam pesawat ini.

Baca Juga: 7 Jet Tempur Ini Termasuk Pesawat dengan Kecepatan Tertinggi di Dunia

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya