Raja Spanyol Tolak Temui Presiden Argentina, Kenapa?

Perpanjang krisis diplomatik Spanyol-Argentina

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan Spanyol Margarita Robles, pada Kamis (20/6/2024), mengungkapkan bahwa Raja Felipe VI tidak akan menyambut Presiden Argentina Javier Milei di Madrid. 

Pada Mei, hubungan diplomatik kedua negara memanas setelah pemimpin sayap kanan Argentina itu menghina istri Perdana Menteri (PM) Pedro Sanchez sebagai koruptor. Madrid pun mendesak agar Buenos Aires meminta maaf atas pernyataan Milei. 

1. Tolak hinaan Presiden Milei kepada PM Sanchez

Robles mengatakan, sangat logis jika Presiden Milei tidak akan disambut oleh Raja Felipe VI dalam kunjungannya ke Spanyol. 

"Presiden Argentina Javier Milei tidak menghormati PM Spanyol Pedro Sanchez sebagai kepala pemerintahan.  Tidak ada satu pun warga Spanyol yang dapat menerimanya karena PM dimiliki oleh seluruh warga Spanyol, terutama bagi yang memilihnya dan juga termasuk bagi yang tidak memilihnya," kata dia, dikutip dari Politico.

istana tidak mau berkomentar terkait penolakan tersebut dan mengatakan kunjungan dikoordinasikan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemlu). Namun, Kemlu juga enggan memberikan komentar soal masalah ini. 

Baca Juga: PBB: Israel Melanggar Hukum Perang karena Gunakan Bom Berat di Gaza

2. Milei minta diadakan pertemuan dengan Raja Felipe VI

Raja Spanyol Tolak Temui Presiden Argentina, Kenapa?Presiden terpilih Argentina, Javier Milei. (twitter.com/JMilei)

Menjelang kunjungannya ke Spanyol, Milei telah meminta pertemuan dengan Raja Felipe VI. Kunjungan ini menyulut kontroversi karena dalam rangka menerima penghargaan dari lembaga penelitian Juan de Mariana Institute. Ia pun sudah direncanakan akan disambut oleh pemimpin sayap kanan di Madrid, Isabel Díaz Ayuso. 

Belakangan ini, Ayuso menjadi salah satu tokoh sayap kanan yang aktif dalam kegiatan Partai Popular (PP). Meski mendapat kritikan, Ayuso pun membela pertemuannya dengan Presiden Milei. 

"Kesempatan ini adalah sebuah kehormatan besar untuk menerima seorang presiden sah Argentina," terangnya, dikutip dari Buenos Aires Times. 

3. PSOE kritik sambutan Ayuso kepada Milei

Pertemuan antara Ayuso dan Milei pada Jumat (21/6/2024) mendapat kritik dari Partai Sosialis Spanyol (PSOE). Keputusan itu dinilai menghina pemerintah Spanyol yang bertugas menyambut kepala negara lain. 

"Saya tidak berpikir bahwa Isabel Diaz Ayuso memberikan penghargaan kepada Javier MIlei dari sebuah rasa cinta secara tiba-tiba kepada rakyat Argentina. Saya pikir dia melakukan ini semua karena pembalasan," ungkap juru bicara PSOE, Patxi Lopez. 

Sehari sebelumnya, Milei pun masih melontarkan kritik kepada PM Sanchez ketika diwawancarai dalam saluran berita di Argentina. Dia menuding Sanchez menyuruh seluruh menterinya untuk menghinanya. 

"Sanchez mengirim seluruh menterinya untuk menghina saya. Dia juga meniru model Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan berusaha menyerang kebebasan berekspresi di Spanyol," ungkapnya. 

Baca Juga: Pertama Kali, Uni Eropa Terapkan Sanksi Larang Impor LNG dari Rusia

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya