Portugal Tetapkan Situasi Darurat akibat Kebakaran Hutan

Diduga kebakaran hutan akibat ulah manusia

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Portugal Luís Montenegro, pada Kamis (19/9/2024), mendeklarasikan keadaan darurat akibat kebakaran hutan yang tak kunjung mereda. Kebakaran hutan tahun ini disebut menjadi salah satu yang terbesar dalam sejarah Portugal. 

Pada Juni 2017, Portugal sudah mengalami peristiwa kebakaran terburuk sepanjang sejarah negaranya. Kebakaran hutan di Pedrógão Grande itu mengakibatkan setidaknya 64 orang tewas dan lebih dari 250 orang mengalami luka-luka. 

1. Montenegro desak polisi tangkap pelaku pembakaran hutan

Montenegro akan mengerahkan lebih banyak petugas pemadan kebakaran dan pegawai negeri lainnya untuk memadamkan api. Ia pun mendorong aparat kepolisian untuk mengungkap terduga pelaku pembakaran ini. 

"Kami sangat mengkhawatirkan kondisi saat ini di tengah masa-masa sulit yang tak kunjung usai. Kami akan terus memberikan segalanya yang kami punya dan meminta pertolongan dari rekan kami sehingga dapat melindungi warga beserta propertinya," terangnya, dilansir Associated Press.

Ia menyatakan, hukuman akan diberikan kepada pelaku yang memang sengaja membakar hutan atau yang ceroboh hingga mengakibatkan kebakaran. Portugal sudah melarang penggunaan peralatan berat pertanian untuk mengurangi risiko kebakaran. 

Sejauh ini, Kepolisian Portugal sudah mengumumkan penangkapan tujuh terduga pelaku pembakaran hutan dalam beberapa hari terakhir. 

Baca Juga: Rusia Akan Dukung Pakistan Bergabung di BRICS

2. Tujuh orang tewas akibat kebakaran hutan

Berdasarkan penampakan citra satelit Copernicus Eropa, kebakaran hutan di Portugal sudah membakar lebih dari 1.500 hektare hutan. Kebakaran ini bertambah luas dengan perluasan titik api hingga mencapai 13 km pada Selasa (17/9/2024) malam. 

Area paling terdampak kebakaran hutan di Portugal tahun ini berada di Distrik Aveiro, selatan Porto. Namun, beberapa titik api juga diketahui sudah merembet tak terkendali ke beberapa area hutan di sekitarnya. 

Kementerian Kesehatan Portugal mengatakan kebakaran ini telah merenggut tujuh korban jiwa, di mana 4 di antaranya adalah petugas pemadam kebakaran dan 3 lainnya adalah warga sipil. Sementara itu, 10 orang mengalami luka berat dan 49 sisanya terdampak luka ringan. 

3. Spanyol kirimkan 230 petugas pemadam kebakaran ke Portugal

Pada Rabu (18/9/2024), Spanyol sudah mengirimkan 230 petugas pemadam kebakaran ke Portugal untuk membantu menjinakkan api. Pada saat yang sama, Maroko juga mengirimkan pesawat amfibi Canadair untuk membantu operasi pemadaman api. 

Melansir dari EFE, sebanyak enam pesawat Canadair dari Spanyol, Prancis, dan Italia akan dikirimkan ke Portugal untuk membantu operasi pemadaman. Pengiriman itu akan diserahkan melalui Mekanisme Perlindungan Sipil Uni Eropa (UE). 

Sejauh ini, Badan Darurat Nasional Portugal (ANEPC) sudah mengerahkan lebih dari 5 ribu petugas pemadam kebakaran, 1.600 kendaraan, dan 26 pesawat dan helikopter untuk mengendalikan kebakaran hutan. 

Baca Juga: Dokter di Lebanon Bekerja Tanpa Henti Tangani Korban Ledakan

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Rama

Berita Terkini Lainnya