Lithuania Larang Pemegang Rahasia Negara Pergi ke Rusia

Relasi Rusia-Lithuania masih panas

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Lithuania, pada Rabu (26/6/2024), menyerahkan proposal Rancangan Undang-Undang (RUU) yang melarang warga pemegang rahasia negara bepergian ke Rusia. Langkah ini berfungsi untuk melindungi rahasia negara dari potensi kebocoran ke negara tidak bersahabat. 

Belakangan ini, relasi kedua negara terus memanas imbas meningkatnya aktivitas militer Rusia di Laut Baltik. Di sisi lain, Lithuania menjadi tuan rumah penyelenggaraan latihan militer terbesar pada tahun ini yang dihadiri 20 negara anggota NATO. 

1. Sekitar 56 ribu pekerja negara akan terdampak larangan bepergian ke Rusia

Lithuania Larang Pemegang Rahasia Negara Pergi ke Rusiapapan penanda masuk teritori Lithuania (unsplash.com/lasmaa)

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Lithuania mengatakan, RUU ini berfungsi untuk melindungi pekerja di institusi negara. 

"RUU ini berfungsi untuk melindungi pekerja di institusi negara yang mendapatkan izin resmi untuk bekerja ataupun mengakses informasi rahasia milik negara dari aktivitas membahayakan agen asing kepada mereka," terangnya, dikutip LRT.

Kemhan menekankan bahwa RUU ini diusulkan menyusul peringatan dari Badan Intelijen Negara terkait upaya agen asing merekrut warga Lithuania yang memiliki akses informasi rahasia negara. 

Pihaknya memperkirakan bahwa terdapat sekitar 56 ribu orang yang akan terdampak pembatasan untuk bepergian ke Rusia. 

Baca Juga: Rusia Blokir 81 Media dari Negara Uni Eropa

2. Akan bangun distrik latihan militer di Taurage dan Silale

Lithuania Larang Pemegang Rahasia Negara Pergi ke RusiaTentara Lithuania. (twitter.com/a_anusauskas)

Dewan Pertahanan Negara (VGT) telah menyetujui proposal terkait pembangunan distrik yang diperuntukkan sebagai lokasi latihan militer di Taurage dan Silale, yang terletak di bagian barat Lithuania. 

"VGT sudah menyetujui pembangunan dua lokasi latihan militer di Taurage dan Silale. Lokasi tersebut sangat cocok untuk manuver dari beberapa unit militer," ungkap Kepala VGT, Kęstutis Budrys, dikutip Delfi.

Menteri Pertahanan (Menhan) Lithuania, Laurynas Kasciunas, mengatakan bahwa pembangunan ini berfungsi untuk memfasilitasi latihan tempur militer. Area latihan militer tersebut akan mencakup luas 4.304 hektare di Taurage dan 2.677 hektare di Silale. 

"Tahukah Anda bahwa kebutuhan untuk latihan tempur saat ini sangatlah besar sebagaimana kami memiliki banyak sekutu dari NATO dan personel militer kami sangat membutuhkan tempat untuk berlatih," terangnya. 

3. Lithuania berencana beri bantuan 0,25 dari PBD ke Ukraina

Lithuania Larang Pemegang Rahasia Negara Pergi ke RusiaTentara Ukraina. (x.com/DefenceU)

Pada saat yang sama, Budrys menambahkan bahwa VGT sudah mengemukakan rencana alokasi setidaknya 0,25 persen dari PDB (Produk Domestik Bruto) Lithuania setiap tahunnya untuk membantu militer Ukraina. 

"VGT menyetujui bantuan keamanan tidak kurang dari 0,25 persen kepada militer Ukraina dalam 3 tahun ke depan. Bantuan ini, setidaknya akan memberikan 190 juta euro (Rp3,3 triliun) per tahunnya kepada Ukraina," tuturnya. 

"Seluruh bantuan militer akan disediakan dari dana tersebut untuk memberikan bantuan senjata maupun non-senjata secara langsung ke Ukraina. Adapun penyerahan bantuan tak langsung melalui pihak ketiga yang bekerja sama koalisi penyalur dana," tambahnya. 

Baca Juga: Armenia Sebut Rusia Izinkan Perang di Nagorno-Karabakh

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya