Lebih Awal, Yunani Umumkan Pemilu pada Musim Semi

Pemilu dirundung skandal penyadapan

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis mengumumkan pada Minggu (15/1/2023) bahwa pemerintahannya akan menyelenggarakan pemilu parlementer lebih awal. Sesuai rencananya, pemilu tersebut akan diselenggarakan pada musim semi. 

Keputusan ini cukup mengejutkan lantaran kepemimpinan Mitsotakis baru selesai pada Juli 2023. Namun, pemilu lebih awal karena akan diselenggarakan dalam dua kloter. Pasalnya, terdapat ekspektasi bahwa tidak ada partai yang akan memenangkan mayoritas kursi di parlemen. 

Selain itu, pemilu kali ini akan diselimuti kabut tebal setelah terkuaknya skandal Greek Watergate. Skandal itu terkuak setelah adanya dugaan bahwa pemerintah Yunani sengaja menyadap dan memata-matai jurnalis beserta politikus oposisi.  

Baca Juga: Raja Yunani Terakhir Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun

1. Mitsotakis umumkan pemilu diadakan pada April atau Mei

Lebih Awal, Yunani Umumkan Pemilu pada Musim SemiPerdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis saat menyampaikan pidato. twitter.com/kmitsotakis

Berdasarkan pernyataan Mitsotakis di atas, ia menyebut bahwa pemilihan umum serentak akan diselenggarakan pada musim semi, tepatnya pada April atau Mei. Ia juga menegaskan bahwa pemerintah sudah menggunakan masa kepemimpinannya dengan efektif. 

"Kami sudah 3,5 tahun menduduki jabatan di pemerintahan. Penduduk tahu betul apa yang telah kami lakukan. Mereka tahu apa yang kami lalukan dengan baik dan apa yang tidak. Namun, pada dasarnya mereka tahu bahwa kami menghadapi krisis besar dengan efektif dan mengimplementasikan rencana pemerintahan dengan tepat," tutur Mitsotakis, dilansir Ekhatimerini

"Maka dari itu, saya percaya bahwa dengan kredibilitas yang besar, saya dapat melihat warga dengan mata saya dan mengatakan kepada mereka apa yang ingin saya lakukan dalam 4 tahun dan memercayai saya. Saya bisa merasakan mereka karena apa yang saya katakan pada 2019, sudah saya lakukan," imbuhnya.

Baca Juga: Hendak Kirim S-300 ke Ukraina, Rusia Ancam Yunani

2. Mitsotakis akan mencalonkan sebagai parlemen daerah di Evros

Ketika menggelar kunjungan ke Provinsi Evros, Mitsotakis juga menyatakan keikutsertaannya dalam pemilu mendatang. Ia mengaku tidak akan kembali menjadi perdana menteri, tapi akan mencalonkan sebagai parlemen daerah di Evros. 

Pada konferensi pers, ia menyatakan bahwa pemilu serentak ini akan dijalani dalam dua putaran. Pada putaran pertama akan menjadi masa-masa kritis penentuan pemenang dalam kursi parlemen. Sedangkan, putaran kedua hasil resmi pemilu akan diumumkan. 

Ketika ditanyai soal hubungan Yunani-Turki, Mitsotakis tidak memiliki ekspektasi bahwa negara tetangganya itu akan memulai serangan ke Yunani. Namun, ia menyayangkan ketegangan kedua negara akibat pernyataan panas dari Turki. 

"Tidak dibutuhkan validasi siapapun. Pasalnya, Turki tidak dapat mengkritisi Yunani terkait perlakuan kepada minoritas muslim di Thrace. Mereka juga harus melihat bagaimana Turki memperlakukan minoritas Yunani di Istanbul," tuturnya, dilansir The National Herald.

Baca Juga: Kenapa Program NASA Pakai Nama Mitologi Yunani? Ini Alasannya

3. Turki berencana majukan pemilu pada musim semi

Lebih Awal, Yunani Umumkan Pemilu pada Musim Semiilustrasi bendera Turki (pixabay.com/sevgi001461)

Sama seperti Yunani, Turki juga akan menyelenggarakan pilpres dan pemilu parlementer pada 18 Juni. Namun, pemerintah Ankara menginginkan pemerintah pusat mengubah jadwal penyelenggaraan pemilu lebih awal. 

"Jadwal pemilu bersamaan dengan liburan musim panas, ketika warga akan bepergian. Kami sedang mengevaluasi untuk memajukan jadwal pemilu lebih awal," papar juru bicara partai AK, Omer Celik, dikutip Politico.

Menurut pemerintah Turki, kemungkinan pemilu dapat dimajukan pada musim semi, tepatnya pada 30 April, 7 Mei, dan 14 Mei. 

Di sisi lain, hubungan Yunani dan Turki masih terus bersitegang dalam beberapa bulan terakhir. Bahkan, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan memperingatkan bahwa misil akan meluncur ke Athena, apabila Yunani tidak bersedia menenangkan diri.

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya