Kazakhstan Protes Belarus soal Pernyataan Lukashenko

Tepis kritikan dari Lukashenko

Intinya Sih...

  • Kementerian Luar Negeri Kazakhstan memanggil Duta Besar Belarus sebagai protes atas komentar Lukashenko yang menyinggung
  • Wakil Menteri Luar Negeri Kazakhstan menyatakan kekhawatirannya terhadap pernyataan Lukashenko yang merugikan negaranya
  • Kazakhstan ingin penyelesaian perselisihan antar-negara lewat jalur politik dan diplomatik serta menjunjung perdamaian sesuai Piagam PBB

Jakarta, IDN Times - Kementerian Luar Negeri Kazakhstan, pada Kamis (22/8/2024), memanggil Duta Besar Belarus, Paval Utsyupin, di Astana. Langkah ini sebagai bentuk protes atas komentar menyinggung dari Presiden Belarus, Alexander Lukashenko. 

Sehari sebelumnya, komentar Lukashenko di media Rusia sudah menyulut kemarahan publik Armenia. Bahkan, Kantor Kedutaan Besar Belarus di Yerevan dilempari telur dan tomat oleh kelompok pro-Barat dan mendesak pemerintah memutus relasi dengan Belarus.  

1. Klaim Kazakhstan menjunjung perdamaian

Kazakhstan Protes Belarus soal Pernyataan LukashenkoPresiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev. (twitter.com/TokayevKZ)

Dalam pertemuannya dengan Dubes Utyupin, Wakil Menteri Luar Negeri Kazakhstan, Murat Nurtleu, mengungkapkan kekhawatirannya mengenai pernyataan Lukashenko yang menyudutkan negaranya. 

"Kazakhstan menginginkan keseimbangan dan kebijakan luar negeri yang menjunjung perdamaian sesuai dengan Piagam PBB dan norma-norma fundamental hukum internasional," tegasnya, dikutip The Times of Central Asia.

"Negara kami percaya bahwa semua perselisihan antar-negara seharusnya dapat diselesaikan lewat jalur politik dan diplomatik. Dalam situasi geopolitik saat ini, arah kebijakan luar negeri yang dibangun oleh pemimpin kami sudah terbukti efektif," tandasnya. 

Baca Juga: Armenia Tolak Tuduhan Rusia soal Sabotase Upaya Perdamaian

2. Lukashenko sebut Kazakhstan menolak membantu Rusia

Kazakhstan Protes Belarus soal Pernyataan LukashenkoPresiden Belarus, Alexander Lukashenko saat berkunjung ke Teheran, Minggu (12/3/2023). (twitter.com/Iran_GOV)

Presiden Lukashenko mengungkapkan bahwa beberapa negara pecahan Uni Soviet memiliki hubungan yang tidak adil dengan Rusia. Ia pun menyinggung soal demonstrasi besar di Kazakhstan pada Januari 2022 dan masuknya tentara CSTO untuk membantu. 

"Kita harus bersama. Ketika ada saatnya Rusia meminta bantuan. Tidak ada yang datang untuk membantu. Ketika situasi genting terjadi di Kazakhstan, siapa yang memberikan bantuan? China, India, Pakistan? Tidak. Mereka meminta bantuan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin. Dan kami mengirimkan pasukan (CSTO) ke sana," tutur Lukashenko, dilansir RFE/RL

Sejak berada di bawah pimpinan Presiden Qasym-Zhomart Tokayev, Kazakhstan mulai merubah arah kebijakannya. Negara Asia Tengah itu mulai mengadopsi penjaminan hukum dan berupaya netral terkait dengan konflik Rusia-Ukraina

3. Oposisi Belarus kecam pernyataan Lukashenko

Kazakhstan Protes Belarus soal Pernyataan LukashenkoPemimpin oposisi Belarus, Sviatlana Tsikhanouskaya. (twitter.com/Tsihanouskaya)

Pernyataan Lukashenko menyulut protes dari pemimpin oposisi Belarus, Sviatlana Tsikhanouskaya, yang menyebut bahwa singgungan ini bentuk pengkhianatan kepada rakyat Belarus dan Armenia. 

"Diktator Lukashenko sudah mengkhianati rakyat Belarus dan Armenia. Ia beraksi atas perintah Kremlin. Rakyat Belarus akan terus berdiri dan membela rakyat Armenia dan kami berkomitmen pada penguatan hubungan kedua negara," tuturnya, dilansir OC Media

Dalam protes di Yerevan, Kepala Partai Republik Arman Babajanyan juga mengungkapkan bahwa Armenia seharusnya mengajak pemimpin Belarus yang sebenarnya, Tsikhanouskaya untuk berkunjung ke Yerevan. 

Baca Juga: Belarus Protes Armenia Imbas Pelemparan Telur di Kedubes

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya