Diduga Angkut Bom, Polisi Yunani Geledah Penumpang Ryanair

Bukan kali pertama Ryanair diterpa isu bom

Jakarta, IDN Times - Polisi Yunani, pada Minggu (22/1/2023), mengadakan operasi penggeledahan penumpang pesawat Ryanair. Pesawat komersial tipe Boeing-737 itu mendarat di Bandara Internasional Athena karena terindikasi membawa bahan peledak. 

Kabar ancaman bom bukan pertama kalinya dialami maskapai Ryanair. Pada Mei 2021, maskapai low-cost carrier ini mendapat kabar hoaks terkait keberadaan bom di dalam kabin. Akibatnya, pesawat dari Lithuania ke Yunani itu terpaksa berhenti darurat di Belarus. 

Ternyata, kabar bohong itu sengaja diberikan otoritas Belarus untuk mengubah arah pesawat sekaligus menangkap pendukung oposisi, Roman Protasevich. Padahal, blogger yang menetap di Lithuania tersebut berencana berlibur ke Yunani. 

1. Polisi dan pemadam kebakaran dalam kondisi siaga

Pesawat maskapai Ryanair tiba di Bandara Internasional Athena pada 17.35. Setelah mendarat, polisi dan pemadam kebakaran sudah disiagakan terkait kemungkinan adanya bom. 

Aparat yang bertugas langsung melakukan penggeledahan terhadap para penumpang beserta barang bawaannya. Mereka juga menggeledah seluruh koper penumpang dan seluruh kabin untuk menemukan bom. 

Bahkan, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Yunani telah mengirimkan dua pesawat tempur F-16 untuk mengawal pesawat tersebut. Pengawalan itu dilakukan setelah pesawat masuk dalam wilayah udara Yunani usai melintas di atas Makedonia Utara. 

Baca Juga: Mengadang Migran Ilegal, Yunani Minta Uni Eropa Bangun Pagar Batas

2. Ratusan penumpang Ryanair selamat

Juru bicara Bandara Athena, Elena Dimopoulou, mengatakan bahwa 190 penumpang pesawat dalam keadaan selamat. 

Pihak Ryanair juga menegaskan bahwa pesawat mendapatkan kabar adanya bom di dalam kabin ketika berada di udara. 

"Kru pesawat Ryanair penerbangan FR6385 dari Karowice (Polandia) ke Athena (Yunani) tersebut telah diberitahu terkait potensi ancaman keamanan di dalam kabin. Sesuai dengan prosedur keamanan penerbangan, pesawat melanjutkan perjalanan ke Athena dan mendarat selamat sebelum diselidiki otoritas Yunani," tutur juru bicara Ryanair. 

3. Tidak ditemukan bom di dalam pesawat Ryanair

Diduga Angkut Bom, Polisi Yunani Geledah Penumpang RyanairIlustrasi Bom (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut keterangan dari otoritas Yunani, penerbangan FR6385 dari Polandia ke Yunani itu tidak membawa bom. Keterangan disampaikan setelah adanya inspeksi menyeluruh kepada para penumpang dan kabin pesawat. 

Informasi seputar pesawat diduga membawa bom disampaikan oleh otoritas Skopje. Mereka mendapat kabar lewat telepon dan pesan internet, ketika pesawat telah lepas landas, dilaporkan Greek Reporter

Setelah kabar itu terkuak, pesawat jet Hungaria mengadang dan mengecek kondisi pesawat komersial tersebut. Kemudian, kawalan digantikan oleh dua pesawat tempur Yunani begitu memasuki wilayah udaranya. 

Namun, sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti siapa dalang di balik kabar ancaman bom di Ryanair kali ini. 

Baca Juga: Raja Yunani Terakhir Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya