Menkeu AS Ajak China Bantu Pendanaan Global Atasi Krisis Iklim

China-AS dianggap punya kapasitas atasi krisis iklim

Jakarta, IDN Times - Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS), Janet Yellen, mengatakan bahwa AS dan China harus bekerja sama untuk memerangi krisis iklim. Ungkapan itu disampaikan Yellen kepada pejabat China dan pakar iklim pada Sabtu (8/7/2023).

Selama kunjungan ke Beijing, Yellen mengatakan kerja sama sebelumnya tentang perubahan iklim antara kedua negara telah memungkinkan terobosan global seperti Perjanjian Paris 2015. Dia juga menambahkan, kedua pemerintah ingin mendukung negara-negara berkembang untuk memenuhi target iklimnya.

“Kerja sama AS-China yang berkelanjutan dalam pendanaan iklim sangat penting. Sebagai dua penghasil emisi gas rumah kaca terbesar di dunia dan investor terbesar dalam energi terbarukan, kami memiliki tanggung jawab bersama dan kemampuan untuk memimpin,” kata Yellen, dalam teks yang telah disiapkan pada diskusi meja bundar iklim di Beijing, dikutip dari The Straits Times.

1. Peran China-AS sangat signifikan

Menkeu AS Ajak China Bantu Pendanaan Global Atasi Krisis IklimIlustrasi (Twitter.com/Ambassador Deng Xijun)

China, yang diklasifikasikan sebagai negara berkembang oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, telah lama mengatakan bahwa negara-negara maju bertanggung jawab untuk membantu negara-negara miskin membayar dampak perubahan iklim.

Tetapi, Beijing mengatakan itu dapat berdampak pada kerugian ekonomi jika negara miskin melakukannya secara sukarela.

Mengingat skalanya, kerja sama antara AS dan China dianggap penting bagi upaya internasional untuk mencegah dampak terburuk perubahan iklim.

Yellen mengatakan, pembiayaan untuk inisiatif semacam itu harus dikoordinasikan secara efisien dan efektif, menambahkan bahwa dukungan Beijing untuk lembaga iklim multilateral yang ada seperti Dana Iklim Hijau (GCF) dan Dana Investasi Iklim, bersama Washington dan lainnya, dapat meningkatkan dampaknya.

Baca Juga: Presiden Joe Biden Sebut Xi Jinping sebagai Diktator 

2. AS gelontorkan dana baru untuk atasi krisis iklim

Menkeu AS Ajak China Bantu Pendanaan Global Atasi Krisis IklimIlustrasi dolar AS (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

China dipersilakan untuk bergabung dengan AS untuk berkontribusi terhadap dana yang dijanjikan untuk GCF pada September, kata seorang pejabat Departemen Keuangan AS.

Untuk penambahan dana itu, Presiden Joe Biden mengatakan awal tahun ini AS akan memberikan tambahan sekitar 1 miliar dolar AS.

GCF adalah dana di bawah Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim, yang membantu negara-negara berkembang dengan praktik adaptasi dan mitigasi untuk mengatasi perubahan iklim.

Pada 2022, China menghentikan sementara pembicaraan dengan AS tentang iklim, keamanan, dan bidang lain sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

Juga berbicara di meja bundar, Duta Besar AS untuk China Nicholas Burns mengatakan, dia menantikan kunjungan utusan iklim AS John Kerry. Kerry pun mengatakan China telah mengundangnya untuk segera berkunjung.

3. Harapan Menkeu AS soal pendanaan iklim

Menkeu AS Ajak China Bantu Pendanaan Global Atasi Krisis IklimMenteri Keuangan AS, Janet Yellen dan Presiden AS, Joe Biden. (twitter.com/SecYellen)

Yellen juga dipanggil kembali ke KTT untuk Pakta Pembiayaan Global Baru di Paris pada Juni. Dia senang untuk bergabung dengan para pemimpin dari seluruh dunia, termasuk Perdana Menteri Li Qiang.

Pada KTT tersebut, Li mengatakan China siap bekerja dengan negara lain untuk menjalin kemitraan global demi kerja sama energi bersih di bawah prinsip saling menguntungkan dan tanggung jawab bersama.

China adalah pasar terbesar setelah Eropa untuk dana iklim, melampaui AS, karena dana di China meningkat lebih dari dua kali lipat sejak 2021 menjadi 46,7 miliar dolar AS, menurut perusahaan riset Morningstar.

Tetapi, Bank Dunia telah mengatakan bahwa China membutuhkan investasi tambahan hingga 17 triliun dolar AS untuk infrastruktur dan teknologi hijau di sektor listrik dan transportasi untuk mencapai target emisi karbon nol bersih pada 2060, menggarisbawahi perlunya investasi swasta.

“Penting juga bagi kami untuk mendorong transisi ekonomi menuju nol bersih, yang perlu menyertakan sektor swasta,” kata Yellen, dilansir Reuters

Baca Juga: AS Akan Kirim Bom Cluster ke Ukraina

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya