TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Serangan Rafah Berlanjut, Hamas Enggan Negosiasi dengan Israel 

Negosiasi akan kembali berlanjut jika perang disetop

Ilustrasi pasukan Hamas (mfa.gov.il/Israel Ministry of Foreign Affairs)

Jakarta, IDN Times – Hamas pada Kamis (30/5/2024) mengatakan bahwa pihaknya tak akan melanjutkan upaya negosiasi dengan Israel selama serangan di Rafah terus berlanjut. Pernyataan itu disampaikan kepada pihak mediator, yakni Mesir dan Qatar.

“Hamas dan faksi-faksi Palestina tidak akan menerima untuk menjadi bagian dari kebijakan ini dengan melanjutkan perundingan (gencatan senjata) mengingat agresi, pengepungan, kelaparan dan genosida terhadap rakyat kami,” bunyi pernyataan Hamas dilansir Reuters.

Pernyataan Hamas muncul di tengah kondisi di mana Israel aktif menggempur Rafah, Gaza Selatan. Tindakan Israel itu terus berlangsung meskipun ada desakan Mahkamah Internasional (ICJ) untuk menghentikan serangan tersebut.

1. Akan melanjutkan negosiasi jika serangan disetop

Anak-anak di Gaza. (twitter.com/@UNICEF)

Gerakan perlawanan itu mengatakan, pihaknya hanya akan melanjutkan mediasi konflik secara tuntas, termasuk membebaskan tawanan, jika Israel menghentikan perang.

“Hari ini, kami memberi tahu para mediator mengenai posisi kami yang jelas bahwa jika pendudukan menghentikan perang dan agresi terhadap rakyat kami di Gaza, kesiapan kami adalah mencapai kesepakatan lengkap yang mencakup kesepakatan pertukaran komprehensif,” tambah pernyataan itu.

Sebelumnya, Israel telah menolak proposal gencatan senjata Hamas karena dianggap tidak cukup menguntungkan bagi pihak Israel. Pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan pihaknya bertekad untuk memusnahkan Hamas di Gaza secara total.

Menurutnya, serangan Israel di Rafah terfokus pada penyelamatan sandera dan membasmi pejuang Hamas.

Baca Juga: UNRWA: 1 Juta Orang Tinggalkan Rafah dalam 3 Minggu Terakhir

2. Perang di Rafah berlanjut

Pasukan militer Israel dalam sebuah aksi penyelematan nyawa yang dilakukan oleh Unit 669 (Unit Penyelamatan Khusus Taktis) selama perang di Gaza. (instagram.com/@israeliairforce)

Israel kini menjadikan Rafah sebagai pusat serangannya. Wilayah ini menjadi tempat penampungan terakhir bagi para pengungsi di Jalur Gaza.

Serangan Israel di Rafah yang dimulai sejak awal Mei telah menuai kecaman dari berbagai pihak di seluruh dunia. Beberapa negara seperti Mesir mengancam akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel jika kebiadaban itu terus berlanjut.

Mesir selama ini telah menjadi mediator konflik antara Hamas dan Israel. Di samping itu, Mesir juga semakin vokal dalam mengkritik serangan Israel di Gaza.

Serangan Israel di Rafah telah membuat jumlah korban semakin meningkat. Sebanyak 36 ribu lebih warga Gaza yang tewas sejak konflik pecah pada 7 Oktober 2023 lalu.

Verified Writer

Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya