TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Topan Yagi Tewaskan Belasan Orang di Vietnam, China dan Filipina

Salah satu topan terkuat dalam satu dekade terakhir

ilustrasi angin kencang (unsplash.com/@catgirlmutant)

Intinya Sih...

  • Topan Super Yagi mendarat di China Selatan, menewaskan puluhan orang di Vietnam, China, dan Filipina.
  • Lebih dari 410.000 orang dipindahkan, sekolah diliburkan, dan layanan transportasi dihentikan saat topan mendarat.
  • Hainan meningkatkan Tanggap Darurat Bencana Lautnya ke level-1 dengan prediksi gelombang badai setinggi 150-230 cm.

Jakarta, IDN Times -  Hujan deras dan angin kencang dari Topan Super Yagi menghantam China bagian selatan pada hari Jumat (6/9), saat topan super Yagi mendarat di sepanjang pantai provinsi Hainan. kills dozens in Vietnam, China, Philippines

Lebih dari 410.000 orang telah dipindahkan, sekolah-sekolah diliburkan, taman-taman ditutup, dan layanan kereta serta kapal dihentikan saat Topan Super Yagi mendarat di China Selatan. Topan ini mendarat pada pukul 16.20 waktu setempat pada hari Jumat di Wenchang, provinsi Hainan, setelah diawasi dengan ketat selama beberapa hari.

1. Topan bergerak barat laut, melewati Haikou dan Chengmai, kini menerjang Vietnam dan Filipina

Dilansir SCMP, topan ini diprediksi akan terus bergerak ke barat laut, melintasi Haikou, Chengmai, dan Lingao sebelum bergerak ke laut antara tengah malam hingga pagi hari pada hari Sabtu.

Hainan telah meningkatkan Tanggap Darurat Bencana Lautnya ke level-1, yang merupakan level tertinggi dalam sistem peringatan empat tingkat, dengan perkiraan bahwa pantai utara pulau tersebut mungkin mengalami gelombang badai setinggi 150-230 cm dari Jumat hingga siang hari Sabtu. CCTV melaporkan bahwa level air di beberapa kota diprediksi akan melebihi level peringatan.

Setelah menerjang di Vietnam pada Sabtu sore, topan Yagi memicu gelombang setinggi 4 meter di provinsi-provinsi pesisir, yang menyebabkan pemadaman listrik dan telekomunikasi berkepanjangan sehingga memperumit penilaian kerusakan, kata pemerintah.

Badan meteorologi memperingatkan tentang risiko "banjir bandang di dekat sungai-sungai kecil dan aliran-aliran, serta tanah longsor di lereng curam di banyak tempat di daerah pegunungan utara" dan provinsi pesisir Thanh Hoa, melansir CNN.

Ketenteraman relatif kembali pada Minggu pagi di Hanoi, di mana pihak berwenang bergegas membersihkan jalan-jalan dari pohon-pohon tumbang yang berserakan di pusat kota dan lingkungan lainnya.

"Badai ini telah menghancurkan kota. Pohon-pohon tumbang di atas rumah-rumah, mobil-mobil, dan orang-orang di jalan," kata Hoang Ngoc Nhien, seorang warga Hanoi berusia 57 tahun.

Bandara internasional Noi Bai di Hanoi, yang merupakan bandara tersibuk di Vietnam utara, dibuka kembali pada hari Minggu setelah ditutup pada Sabtu pagi.

2. Menurut perkiraan, topan ini adalah yang terkuat dalam satu dekade terakhir

Baca Juga: Topan Yagi Hantam Vietnam, 4 Orang Tewas

Sebagai persiapan menghadapi badai, Administrasi Meteorologi China mengeluarkan peringatan merah topan, yang merupakan level tertinggi dalam sistem peringatan empat tingkatnya, sambil juga memperingatkan angin kencang yang berpotensi mencapai level 17, level tertinggi pada skala Beaufort, dan hujan lebat.

Menurut perkiraan, topan ini adalah yang terkuat dalam satu dekade terakhir, hanya sedikit lebih lemah daripada Topan Super Rammasun, yang menyebabkan kerusakan besar di Filipina, China Selatan, dan Vietnam pada Juli 2014. Rammasun mendarat di Hainan dengan kecepatan 70 meter per detik dan tetap menjadi topan super bahkan saat bergerak melalui Guangdong.

Menghadapi Yagi, sekolah-sekolah diliburkan dan semua taman di luar ruangan ditutup di provinsi Hainan dan Guangdong.

Pada Jumat pagi, ibu kota Hainan, Haikou, mengimbau warga untuk waspada terhadap "kerusakan bencana" yang mungkin dibawa oleh topan tersebut dan mendesak mereka untuk tidak membahayakan diri mereka sendiri. Beberapa area di kota ini juga bisa mengalami banjir dan ada risiko pohon tumbang serta kabel listrik terbuka.

Verified Writer

Tamara Rangkuti

Living proof that overthinking can be a full-time hobby.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya