TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Korsel Kerahkan Anjing Pelacak Deteksi Kutu Setelah Olimpiade Paris

Mencegah masuknya infestasi kutu kasur ke Korsel

ilustrasi anjing beagle (pexels.com/@roger-ce-311041755/)

Intinya Sih...

  • Korea Selatan mengerahkan anjing pendeteksi kutu busuk di bandara internasional untuk mencegah masuknya serangga tersebut setelah Olimpiade Paris 2024.
  • Anjing beagle bernama Ceco dilatih untuk mendeteksi kutu busuk dengan mencari kamar hotel yang terdapat kutu busuk dalam kurang dari dua menit.
  • Pemerintah Korea Selatan melakukan pencegahan ekstra dengan memantau dan mendisinfektan penerbangan dari Paris lebih sering lagi, untuk mencegah infestasi kutu busuk.

Jakarta, IDN Times - Korea Selatan mengerahkan anjing pendeteksi kepinding atau kutu busuk di bandara internasionalnya untuk mencegah serangga tersebut masuk ke Korea Selatan setelah Olimpiade Paris 2024.

Seekor anjing beagle bernama Ceco adalah satu-satunya anjing di Korea Selatan yang dilatih untuk mengendus kutu busuk dengan mendeteksi berdasarkan feromonnya.

1. Di bandara Incheon, Ceco dilaporkan dapat mencari kamar hotel yang terdapat kutu busuk hanya dalam kurang dari dua menit

Melansir Korea Times, Ceco dilaporkan dapat mencari kamar hotel yang terdapat kutu busuk hanya dalam kurang dari dua menit, menurut pengakuan Kim Min-su, salah satu karyawan di perusahaan tempat Ceco bekerja.

Tindakan ini dilatarbelakangi setelah kepanikan internasional terhadap kutu busuk yang menyerang seluruh Paris, yang bahkan dapat ditemukan di tempat-tempat umum dan kamar hotel. Serangga-serangga tersebut masuk dan bersembunyi di dalam koper.

Pihak berwenang di Paris mengimbau bahwa "tak ada yang aman" dari serangga-serangga tersebut dan banyak video di media sosial yang memperlihatkan deretan kutu busuk merayap di kursi-kursi di kereta Paris Metro.

2. Untuk menghindari masalah serupa, Korsel melakukan pencegahan ekstra

Untuk menghindari masalah serupa, Korsel melakukan pencegahan ekstra dengan bekerja sama dengan pengendali hama, transportasi, keamana, dan agen kesehatan untuk memantau dan mendisinfektan penerbangan dari Paris lebih sering lagi.

Pemerintah Korea Selatan mengatakan bahwa mereka mengambil langkah "pencegahan masuknya serangga-serangga tersebut ke dalam bandara internasional Incheon, yang merupakan gerbang utama ke Korea Selatan".

Seperti yang diketahui, pertemuan global sedang berlangsung di Paris, Prancis, dalam rangka Olimpiade Paris 2024, sehingga akan ada kemungkinan besar kutu busuk akan ikut terbawa ke Korea Selatan.

Verified Writer

Tamara Rangkuti

Living proof that overthinking can be a full-time hobby.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya