TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Atlet Olimpiade Uganda Meninggal Setelah Dibakar Kekasih

Kondisinya sempat kritis selama beberapa hari

Rebecca Cheptegei (x.com/AfricaFactsZone)

Intinya Sih...

  • Rebecca Cheptegei, atlet Olimpiade asal Uganda, meninggal di Kenya setelah dibakar oleh pacarnya
  • Luka-luka yang dialami sangat parah dan meliputi sebagian besar tubuhnya, menyebabkan kegagalan organ ganda
  • Serangan ini terjadi hanya beberapa minggu setelah Cheptegei mengikuti maraton di Olimpiade Paris

Jakarta, IDN Times - Atlet Olimpiade asal Uganda, Rebecca Cheptegei, meninggal di Kenya pada hari Kamis, empat hari setelah dibakar oleh pacarnya dalam serangan di rumahnya.

Insiden mengerikan ini merupakan yang terbaru dari serangkaian kekerasan berbasis gender di negara Afrika Timur tersebut, di mana para aktivis telah aktif memperingatkan adanya epidemi femisida.

1. Pelari 33 tahun itu meninggal pukul 5:30 pagi waktu setempat di rumah sakit Kenya

Pelari jarak jauh berusia 33 tahun itu meninggal sekitar pukul 5:30 pagi waktu setempat, kata dokter yang merawatnya di sebuah rumah sakit di Eldoret, Kenya barat, kepada wartawan.

Kimani Mbugua, kepala unit perawatan intensif di Moi Teaching and Referral Hospital, menjelaskan bahwa luka-luka yang dialami sangat parah dan meliputi sebagian besar tubuhnya, menyebabkan kegagalan organ ganda. Meskipun tim medis telah berusaha sebaik mungkin, peluang untuk sembuh tetap tipis mengingat usianya dan luka bakar lebih dari 80 persen.

Menurut polisi, seorang laki-laki yang diidentifikasi sebagai pasangan Cheptegei, Dickson Ndiema Marangach, menyiramnya dengan bensin dan membakarnya pada hari Minggu di rumahnya di Endebess, wilayah barat Trans-Nzoia.

Laporan media Kenya mengatakan bahwa dua putrinya yang masih kecil menyaksikan serangan brutal tersebut.

2. Serangan terjadi beberapa minggu setelah Cheptegei ikuti Olimpiade

Serangan ini terjadi hanya beberapa minggu setelah Cheptegei mengikuti maraton di Olimpiade Paris, di mana dia menempati peringkat 44.

Marangach juga terluka dalam insiden tersebut, dengan luka bakar sekitar 30 persen. Kondisinya saat ini tidak diketahui.

Serangan terhadap Cheptegei menjadi berita utama di seluruh dunia dan mendapat kecaman luas, sementara penghormatan datang dari komunitas atletik pada hari Kamis.

Ketua Komite Olimpiade Uganda, Donald Rukare, mengatakan bahwa dia meninggal "setelah serangan kejam oleh pacarnya".

"Ini adalah tindakan pengecut dan tidak masuk akal yang menyebabkan hilangnya seorang atlet hebat. Warisannya akan terus dikenang."

Federasi Atletik Uganda mengatakan di X bahwa mereka "sangat sedih" atas kematian Cheptegei, "yang secara tragis menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga".

"Sebagai federasi, kami mengutuk tindakan semacam itu dan menuntut keadilan."

Komite Olimpiade Nasional Kenya menyampaikan "belasungkawa terdalam" kepada komunitas atletik Uganda serta keluarga dan teman-teman Cheptegei, menggambarkan kematiannya sebagai "kehilangan yang mendalam".

"Bakat dan ketekunan Rebecca sebagai pemegang rekor Maraton Wanita Uganda serta Olympian Paris 2024 akan selalu dikenang dan dirayakan."

Verified Writer

Tamara Rangkuti

Living proof that overthinking can be a full-time hobby.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya