TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Umat Katolik Mulai Berdatangan di GBK Siap Ikut Misa Paus Fransiskus

Bus-bus yang membawa umat sudah memasuki kawasan Senayan

Umat Katolik sudah berdatangan ke Gelora Bung Karno. (IDN Times/Sonya Michaella)

Jakarta, IDN Times - Umat Katolik dari seluruh Indonesia sudah mulai berdatangan ke Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, untuk mengikuti misa agung Paus Fransiskus nanti sore. 

Pantauan IDN Times di lokasi, Kamis (5/9/2024) sekitar pukul 11.55 WIB, bus-bus yang membawa para umat sudah memasuki kawasan Senayan. 

Mayoritas umat ini turun di pintu 7,  di mana mereka akan dicek berlapis sebelum memasuki kawasan stadion GBK. 

Ada tiga titik pemeriksaan di setiap akses masuk Stadion GBK baik di Plaza Timur, Tenggara, maupun Utara. Tempat pemeriksaan tersebut berupa tenda berwarna putih, lengkap dengan pagar besi pembatas. Di setiap lapis, panitia menyediakan empat akses masuk untuk menghindari kepadatan antrean.

Pada lapis pertama pemeriksaan, umat akan melalui alat pendeteksi logam. Selain itu petugas juga memeriksa barang bawaan umat. Jika ditemukan benda terlarang maka yang bersangkutan akan diarahkan oleh petugas keamanan untuk diperiksa lebih lanjut.

Kemudian, lapis kedua pemeriksaan, petugas melakukan pemeriksaan badan (body check).

Lalu lapis ketiga, petugas akan memeriksa gelang identitas yang dipakai umat. Apabila nantinya akses masuk itu bermasalah maka petugas akan mengarahkan umat tersebut ke meja pendaftaran untuk diproses lebih lanjut.

Setelah mengunjungi Masjid Istiqlal Kamis pagi, Paus bakal bergerak ke Kantor Waligereja Indonesia (KWI) di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, untuk bertemu dengan para penerima manfaat organisasi amal. 

Sore harinya, Paus akan memimpin Misa Agung di Gelora Bung Karno (GBK), yang dimulai sekitar pukul 16.15 WIB, diawali dengan Paus menyapa umat dengan popemobile, memakai Maung MV3.

Baca Juga: Tangis Haru Diaz Melihat Paus Fransiskus dari Dekat

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya