TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sumber Sebut Bom Tanam Tewaskan Ismail Haniyeh di Iran 

Bom itu sudah ditanam sejak dua bulan lalu

Ismail Haniyeh (Website/council.gov.ru/Dewan Federasi Majelis Federal Federasi Rusia)

Intinya Sih...

  • Pejabat AS dan Timur Tengah merilis laporan baru tentang tewasnya pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh di Teheran, Iran.
  • Bom canggih yang menewaskan Haniyeh sudah ditanam sejak dua bulan lalu di kamar tempat ia menginap.
  • Para pejabat Timur Tengah yakin perencanaan pembunuhan Haniyeh sudah dirancang selama berbulan-bulan dengan pengawasan yang ketat.

Jakarta, IDN Times - Pejabat Amerika Serikat (AS) dan sejumlah pejabat Timur Tengah serta dua anggota Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) merilis laporan dan fakta baru tentang tewasnya pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh di Teheran, Iran, pada Rabu (31/7/2024).

“Ledakan yang menewaskan Haniyeh dan pengawalnya pada Rabu dini hari karena ledakan bom canggih yang dikendalikan dari jarak jauh dan sudah diselundupkan sekitar dua bulan lalu ke kamar Haniyeh, wisma tamu di Teheran, tempat ia menginap,” lapor The New York Times, dikutip dari Times of Israel, Jumat (2/8/2024).

Pembunuhan Haniyeh ini juga jadi pukulan telak bagi Iran dan IRGC lantaran kebobolan. Sementara, ketika Haniyeh tinggal di Qatar dan sempat mengunjungi China, ia tetap aman dan tidak diserang.

Baca Juga: Jasad Ismail Haniyeh Dimakamkan di Qatar Hari ini

1. Kerusakan bangunan sangat kecil

Pejabat IRGC yang tak ingin disebutkan namanya itu mengungkapkan, ledakan yang menewaskan Haniyeh juga memecahkan jendela dan meruntuhkan sebagian dinding gedung tempatnya tinggal. Namun kerusakan pada keseluruhan bangunan sangat kecil.

“Ledakan bahkan tidak merusak kamar sebelah Haniyeh yang ditempati pemimpin Jihad Islam Palestina, Ziad Nakhaleh. Perencanaan pembunuhan ini sangat hati-hati dan cermat,” ucap dia.

Sementara itu, para pejabat Timur Tengah juga meyakini bahwa perencanaan pembunuhan Haniyeh sudah dirancang selama berbulan-bulan dan disertai pengawasan yang ketat.

Baca Juga: Masjid Istiqlal Gelar Salat Gaib untuk Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh

2. Bom ditanam sejak dua bulan lalu

Para pejabat Timur Tengah ini juga yakin, bom yang menewaskan Haniyeh sudah ditanam sejak dua bulan lalu di kamar tersebut.

Kendati demikian, dua anggota IRGC mengaku tak tahu bagaimana caranya atau kapan bom tersebut bisa diselundupkan di kamar Haniyeh yang berada di gedung kompleks veteran militer Iran.

Baca Juga: Ribuan Warga Protes Pembunuhan Pemimpin Hamas Haniyeh

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya