TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sekjen PBB Desak Israel Hentikan Serangan ke Tepi Barat

Israel harus taati hukum humaniter internasional

Sekjen PBB Antonio Guterres mengunjungi perbatasan Gaza (Twitter.com/Antonio Guterres)

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendesak Israel agar segera menghentikan serangan militer besar-besaran di daerah pendudukan Tepi Barat setelah 11 orang Palestina tewas dan lainnya terluka.

Guterres mengutuk keras atas hilangnya nyawa, termasuk anak-anak, dan meminta operasi tersebut segera dihentikan, dikutip dari ANTARA, Kamis (29/8/2024).

Guterres juga menekankan agar mereka yang terluka harus memiliki akses terhadap perawatan medis, dan pekerja kemanusiaan harus dapat menjangkau setiap orang yang membutuhkan.

1. Israel harus taati hukum humaniter internasional

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. (dok. X @IsraeliPM)

Selain itu, ia meminta Israel mentaati tanggung jawabnya di bawah hukum humaniter internasional dengan melindungi warga sipil dan memastikan keamanan mereka.

“Dia mendesak aparat keamanan untuk mengendalikan diri secara maksimal dan menggunakan senjata mematikan hanya pada saat sangat dibutuhkan untuk melindungi nyawa," kata juru bicara sekjen, Stephane Dujarric.

"Perkembangan berbahaya ini memicu situasi yang sangat tegang di daerah pendudukan Tepi Barat dan semakin melemahkan Otoritas Palestina," lanjut dia.

PBB menegaskan, pada akhirnya, hanya dengan mengakhiri pendudukan dan kembali ke proses politik yang bermakna yang akan mewujudkan solusi dua negara, kekerasan dapat dihentikan. PBB akan terus bekerja sama dengan semua pihak untuk mencapai tujuan ini, guna mengupayakan de-eskalasi situasi saat ini dan mendorong stabilitas di kawasan tersebut.

 

Baca Juga: AS Janji Bantu Israel Pertahankan Diri dari Serangan Iran 

2. Israel mulai operasi militer di Tepi Barat

Israel melancarkan operasi militer besar-besaran sejak kemarin di Tepi Barat yang diduduki. Israel mengklaim telah menewaskan para pejuang Palestina.

Militer Israel membombardir beberapa wilayah di Tepi Barat. Adapun kota-kota tersebut adalah Jenin, Nablus, Tubas dan Tulkarem.

“Ini adalah operasi kontra-terorisme yang melibatkan serangan udara, pasukan darat dan buldoser,” kata militer Israel.

“Kami menemukan bahan peledak di awal operasi dan kami juga baku tembak langsung dengan teroris Palestina,” ucap mereka.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya