TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rusia Bom RS dan Kota-kota Ukraina, 37 Orang Tewas

Rudal Rusia hantam RS anak-anak di Kiev

Kondisi Ukraina digempur Rusia, 2 Januari 2024. (dok. Kedubes Ukraina di Jakarta)

Jakarta, IDN Times - Serangan rudal Rusia menghantam sebagian rumah sakit anak-anak d Kiev serta sejumlah kota lainnya di Ukraina. Akibatnya, total 37 orang tewas dan 170 lainnya terluka.

“Rusia melancarkan serangannya pada siang hari dengan menyasar kota-kota di seluruh Ukraina di jam sibuk. Serangan lainnya menyasar Dnipro, Kryvyi Rih, Slovyansk dan Kramatorsk,” kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, dikutip dari CNN, Selasa (9/7/2024).

Rumah sakit di Kiev yang diserang rudal Rusia merupakan pusat kesehatan anak-anak terbesar di Ukraina, termasuk melayani pasien anak-anak yang menderita kanker.

1. Lebih dari 600 pasien dievakuasi dari rumah sakit

Menteri Kesehatan Ukraina Viktor Liashko menegaskan bahwa tim penyelamat sudah mengevakuasi lebih dari 600 pasien dari rumah sakit tersebut.

“Lebih dari 100 orang juga sudah dipindahkan ke fasilitas kesehatan lainnya,” ucap dia.

Serangan Rusia kali ini dilaporkan menyasar kota-kota yang padat penduduk dan di siang hari, di mana para warga sedang beraktivitas.

Baca Juga: Presiden Xi Jinping Diskusikan Konflik Ukraina dengan Hongaria

2. Rusia klaim telah menyerang fasilitas industri militer Ukraina

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia menyebut bahwa militernya telah menyerang fasilitas industri militer Ukraina.

“Pangkalan udara angkatan bersenjata Ukraina juga disasar menggunakan senjata jarak jauh dan presisi tinggi,” sebut pernyataan Kemenhan Rusia.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya