TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Sulaiman Dubes RI untuk Argentina yang Baru Dilantik

Sebelumnya menjabat Wadubes RI di Belgia

Sulaiman sebelum dilantik sebagai Duta Besar RI untuk Argentina pada Rabu (25/10/2023). (IDN Times/Ilman Nafi’an)

Jakarta, IDN Times - Presiden Republik Indonesia Joko "Jokowi" Widodo resmi melantik Sulaiman sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Argentina. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Pelantikan Sulaiman berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 82/P Tahun 2023, tentang pengangkatan duta besar luar biasa dan berkuasa penuh Republik Indonesia untuk Republik Argentina merangkap Republik Paraguay dan Republik Oriental Uruguay yang berkedudukan di Buenos Aires.

Sulaiman yang merupakan diplomat karir Kementerian Luar Negeri RI ini menggantikan Niniek Kun Naryatie yang sebelumnya menduduki kursi Dubes RI di Argentina. 

Baca Juga: Selain Menteri dan KSAD, Jokowi juga Akan Lantik Dubes RI untuk Argentina

Baca Juga: Jokowi Lantik Sulaiman Jadi Dubes RI untuk Argentina

1. Pernah menjabat sebagai Wakil Dubes RI untuk Belgia

Presiden Jokowi melantik Sulaiman sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Argentina pada Rabu (25/10/2023). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelum diangkat menjadi Dubes RI untuk Argentina, Sulaiman diketahui pernah menjabat sebagai Wakil Duta Besar RI untuk Belgia, berkedudukan di Brussel pada 2020.

Sulaiman juga pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Hak Asasi Manusia (HAM) di Kemlu RI.

"Alhamdulillah, jadi memang ini amanah yanh diberikan kepada kami, mohon doanya semoga dapat dilancarkan dimudahkan," ujar Sulaiman, sesaat sebelum dilantik.

Baca Juga: Kemlu RI Bersiap Evakuasi 10 WNI dari Palestina

2. Ikut fit and proper test DPR pada Februari 2023

Presiden Jokowi melantik Sulaiman sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Argentina pada Rabu (25/10/2023). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sulaiman sudah mengikuti fit and proper test atau uji kelayakan di DPR pada Februari 2023.

Dalam pelantikan hari ini, turut hadir Wakil Menteri Luar Negeri RI Pahala Mansury. Sedangkan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat ini sedang berada New York, Amerika Serikat (AS), menghadiri sidang darurat PBB terkait Palestina.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya