TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Paetongtarn Shinawatra, Anak Thaksin yang Jadi PM Thailand

Masih usia 37 tahun

Paetongtarn Shinawatra. (dok. X @ingshin)

Intinya Sih...

  • Putri Thaksin Shinawatra, Paetongtarn, menjadi PM Thailand setelah pemungutan suara di parlemen.
  • Dia diusulkan oleh Partai Pheu Thai dan tak punya pengalaman politik sebelumnya.
  • Thaksin digulingkan karena korupsi, Paetongtarn harus membangun kembali citra partainya.

Jakarta, IDN Times - Paetongtarn Shinawatra, putri dari eks Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra, berhasil menjadi perdana menteri setelah memenangkan pemungutan suara di parlemen Thailand, hari ini.

Paetongtarn menggantikan Sretta Thavisin yang dipecat karena melanggar konstitusi negara.

Melansir The Guardian, Jumat (16/8/2024), Paetongtarn diajukan partai paling berkuasa di Thailand, Pheu Thai, untuk maju sebagai PM Thailand. Usianya baru 37 tahun.

Paetongtarn tak pernah punya jejak politik atau berkiprah di pemerintahan Thailand. Tugasnya dinilai amat berat dengan menduduki pucuk pemerintahan Negeri Gajah Putih tersebut, antara lain mempertahankan koalisi serta mencoba membangun kembali citra Partai Pheu Thai.

Thaksin merupakan PM Thailand yang digulingkan karena dituduh melakukan korupsi dan pelanggaran HAM. Ia juga dibenci elite militer Kerajaan Thailand.

Baca Juga: Eks PM Thaksin Shinawatra Perdana Muncul di Publik

1. Putri dari eks PM Thaksin Shinawatra

Paetongtarn Shinawatra. (dok. X @RecordGBA)

Lahir tahun 1986, Paetongtarn merupakan lulusan dari Universitas Chulalongkorn Bangkok dan Universitas Surrey, Inggris. Pada 2006, kala ia masih duduk di bangku kuliah, kerusuhan pecah di Thailand dan menggoyangkan kursi kepemimpinan ayahnya, Thaksin.

Di kampusnya, ia menyaksikan poster wajah Thaksin dicoret dan dibakar, meminta agar Thaksin turun dari kursi perdana menteri.

“Pada 19 September tahun itu, ibu saya menelepon, banyak tank di jalan. Saya tidak bisa pulang, ibu juga. Jadi kami harus mengungsi ke tempat aman. Sedangkan ayah saat itu sedang menghadiri Sidang Umum PBB, dan digulingkan. Saya sangat takut,” kata Paetongtarn, yang sempat diwawancara media Thailand.

Kakak ipar Thaksin, yang juga paman Paetongtarn, Somchai Wongsawat, juga pernah menjabat sebagai PM Thailand pada 2008 dan dipaksa turun oleh putusan pengadilan.

Baca Juga: Thailand Gejolak Politik, Sibuk Cari Pengganti PM Srettha Thavisin

2. Sering temani Thaksin hadiri agenda pemerintahan

Paetongtarn Shinawatra. (dok. X @ingshin)

Kala Thaksin menjabat, Paetongtarn kerap kali mendampinginya hadir di beberapa agenda pemerintahan.

Sepulang dari menempuh master di Inggris, Paetongtharn sempat bekerja sebentar di kerajaan bisnis keluarga Shinawatra. Pada 2021, ia diangkat menjadi penasihat utama untuk bidang inovasi di Partai Pheu Thai.

Baca Juga: Paetongtarn Shinawatra Terpilih Jadi PM Thailand Usai Menang Voting

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya