TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Presiden Xi Jinping Diskusikan Konflik Ukraina dengan Hungaria

Xi Jinping terima Viktor Orban di Beijing

Kondisi Ukraina digempur Rusia, 2 Januari 2024. (dok. Kedubes Ukraina di Jakarta)

Intinya Sih...

  • Presiden China Xi Jinping menerima kunjungan Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban
  • Keduanya membahas krisis Ukraina dengan fokus pada komunikasi mendalam dan prioritas China untuk mematuhi prinsip perdamaian

Jakarta, IDN Times - Presiden China Xi Jinping menerima kunjungan Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban. Keduanya membahas krisis Ukraina yang sudah berlangsung lebih dari dua tahun.

“Diskusi terfokus pada komunikasi mendalam mengenai krisis Ukraina. Perdana Menteri Orbán berbagi informasi tentang kunjungannya baru-baru ini ke Ukraina dan Rusia," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Lin Jian dalam konferensi pers di Beijing, China, dikutip dari ANTARA, Selasa (9/7/2024).

Xi menerima Orban pada Senin (8/7/2024] di Wisma Negara Diaoyutai, yang juga dihadiri Menteri Luar Negeri China, Wang Yi.

Baca Juga: AS Pulangkan Ratusan Imigran China Halau Penyelundupan

1. Prioritas China soal konflik Ukraina

Menurut Lin, prioritas China saat ini adalah mematuhi tiga prinsip, yaitu tidak memperluas kawasan peperangan, tidak ada eskalasi pertempuran maupun provokasi oleh pihak mana pun serta mengupayakan mengurangi ketegangan secepat mungkin.

"Komunitas internasional harus memberikan dukungan untuk dimulainya kembali dialog dan negosiasi langsung antara kedua pihak. Hanya ketika semua negara besar memainkan peran positif maka konflik bisa menuju gencatan senjata," tambah Lin. 

Baca Juga: Inggris Sumbang Paket Militer Baru untuk Ukraina

2. China aktif mempromosikan perundingan perdamaian Ukraina

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Lin Jian. (dok. MOFA China)

Lin menyebut, China juga secara aktif mempromosikan perundingan perdamaian dengan caranya sendiri dan mendorong serta mendukung semua upaya yang mengarah pada penyelesaian damai.

"China-Hongaria memiliki usulan dasar yang sama dan bekerja ke arah yang sama. China siap untuk tetap berkomunikasi dengan Hongaria dan pihak-pihak terkait," ucap Lin.

Baca Juga: PM Hongaria Temui Zelenskyy, Bahas Gencatan Senjata Ukraina

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya