TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Presiden Palestina Desak PBB Jadikan Negaranya Anggota Tetap

Abbas menekankan Two State Solution harus dipertahankan

Presiden Palestina Mahmoud Abbas (commons.wikimedia.org)

Jakarta, IDN Times - Presiden Palestina Mahmoud Abbas mendesak negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) segera mengakui Palestina agar bisa diterima sebagai anggota penuh di PBB.

“Saya menyerukan kepada negara-negara yang belum mengakui Palestina untuk menyatakan pengakuannya dan agar palestina bisa diterima menjadi anggota penuh di PBB,” kata Abbas dalam pidatonya di Sidang Majelis Umum PBB, dikutip dari laman resmi PBB, Sabtu (23/9/2023).

Baca Juga: Perbatasan Ditutup Israel, 18 Ribuan Warga Gaza Tidak Bisa Bekerja

1. Tekankan Solusi Dua Negara

Presiden Palestina, Mahmoud Abbas (Wafa News Agency)

Abbas menekankan Two State Solution atau Solusi Dua Negara harus terus dipertahankan untuk kemerdekaan Palestina.

“Saya mendesak PBB dan negara-negara anggota untuk melakukan segara cara yang mereka bisa untuk menyelamatkan Two State Solution dan mencegah situasi menjadi lebih buruk,” ucap Abbas lagi.

“Israel harus dimintai pertanggungjawaban, begitu pula Inggris dan Amerika Serikat atas peran mereka dalam Deklarasi Balfour,” tegas dia.

2. Rakyat Palestina masih berjuang untuk merdeka

Anak Palestina menarik gerobak yang ditumpangi saudaranya saat mengungsi dari konflik bersenjata Israel dan milisi Palestina di Jalur Gaza, Palestina, Jumat (14/5/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem/foc.)

Abbas menegaskan, rakyatnya kini masih berjuang untuk kebebasan dan kemerdekaan. Palestina juga masih berharap PBB bisa menangani hal ini.

“Negara Palestina yang berdaulat dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya,” ucap Abbas lagi.

Abbas juga mendesak PBB agar menetapkan 15 Mei sebagai hari internasional untuk memperingati Nakba Palestina guna menghormati ratusan ribu warganya yang terbunuh dalam pembantaian Israel.

Baca Juga: Tentara Israel Tewaskan 30 Remaja Palestina di Tepi Barat selama 2023

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya