TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PM Kanada Justin Trudeau Hadiri KTT ASEAN Jakarta

PM Trudeau akan bertemu dengan Jokowi

Presiden RI Joko Widodo bersama PM Kanada Justin Trudeau. (dok. Setpres RI)

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau akan mengunjungi Jakarta, dalam rangka menghadiri KTT ASEAN ke-43, pekan depan.

PM Trudeau akan menghadiri KTT ASEAN pada 5-6 September dan diikuti dengan pertemuan bilateral bersama Singapura. Setelah itu, PM Trudeau akan terbang ke India untuk menghadiri KTT G20.

“Kita hidup di dunia yang semakin terhubung dan jelas bahwa krisis saat ini hanya dapat diatasi dengan bekerja sama. Saya berharap dapat bertemu dengan para pemimpin global untuk mengatasi tantangan dan krisis yang kita hadapi dan memastikan perekonomian yang kuat untuk saat ini dan generasi mendatang,” kata Trudeau, dikutip dari keterangan Kedutaan Besar Kanada di Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Baca Juga: Sidang Menteri Sosbud ASEAN Hasilkan 5 Dokumen, Apa Saja?

Baca Juga: DPR Heran Vale Bayar Fee ke Induk di Kanada, Ini Kata Manajemen

1. Tegaskan komitmen kerja sama ekonomi

Justin Trudeau, PM Kanada (instagram.com/justinpjtrudeau)

Berada di kawasan Indo Pasifik pekan depan, Trudeau disebut akan menegaskan kembali komitmen Kanada untuk memperkuat kerja sama ekonomi. Selain itu, komitmen menghilangkan hambatan perdagangan untuk menciptakan lapangan kerja yang lebih baik bagi kelas menengah.

“PM Trudeau juga akan berkerja sama dengan pemimpin lainnya untuk memperkuat hubungan antarmasyarakat dan mendorong aksi mengatasi perubahan iklim,” lanjut pernyataan itu.

2. Komitmen Kanada di ASEAN dan Indonesia

Logo keketuaan Indonesia di ASEAN 2023. (Youtube Setpres RI)

Trudeau menyebut ASEAN merupakan jantung kawasan Indo Pasifik dan juga strategi Indo Pasifik Kanada. Di KTT ASEAN, Trudeau akan memperkuat dukungan Kanada terhadap ASEAn dan ASEAN Outlook on the Indo Pacific.

Di Jakarta, Trudeau akan bertemu dengan Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo untuk membahas sejumlah isu yang berkembang saat ini.

“Selain itu Kanada dan Indonesia akan memajukan hubungan ekonomi serta komitmen Kanada untuk menyelesaikan perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif dengan Indonesia, pasar ekspor terbesar di Asia Tenggara,” lanjut pernyataan itu.

Baca Juga: MIND ID Ungkap Vale Indonesia Bayar Fee ke Perusahaan Induk di Kanada

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya