TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Penghormatan Terakhir Jepang untuk Eks PM Shinzo Abe  

Pemakaman Shinzo Abe rencananya digelar hari ini

Seorang pelayat menaruh tandatangannya di depan foto potret mendiang mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di sebuah altar di markas Besar Partai Demokrat Liberal (LDP), di Tokyo, Jepang pada Senin (11/7/2022). (ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato)

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Jepang memasang Collar of the Supreme Order of the Chrysanthemum yang merupakan dekorasi tertinggi negara tersebut untuk penghormatan terakhir bagi eks Perdana Menteri Shinzo Abe, yang meninggal akibat ditembak seseorang.

Abe meninggal di rumah sakit di Prefektur Nara, usai ditembak di bagian dada dan leher saat sedang memberikan pidato. Insiden ini terjadi pada Jumat (8/7/2022) sekitar 11.30 siang waktu setempat.

Peringatan untuk Abe juga digelar di Kuil Zojoji di Tokyo, dan dihadiri oleh Perdana Menteri Fumio Kishida serta sejumlah menteri dan pejabat tinggi lainnya.

Baca Juga: Menlu AS Kunjungi Jepang, Kirim Belasungkawa untuk Shinzo Abe

1. Pemakaman Abe rencananya digelar hari ini

Kuil Zojoji, tempat persemayaman mendiang mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, yang ditembak saat kampanye majelis tinggi Jepang, di Tokyo, Jepang pada Selasa (12/7/2022). (ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato)

Dilansir dari Kyodo News, Selasa (12/7/2022), saat rombongan jenazah tiba di Kuil Zojoji, Akie yang merupakan istri Abe terlihat lemas dan menangis di kursi depan mobil yang membawa jenazah suaminya. 

Pemakaman Abe rencananya bakal digelar hari ini secara privat, hanya dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekat. 

Upacara menjelang pemakaman dan ritual mengantar kepergian Abe telah dilakukan pada Senin kemarin. Upacara pemakaman yang lebih besar diperkirakan bakal digelar beberapa hari ke depan di Tokyo dan di kampung Abe, di Prefektur Yamaguchi.

2. Polisi masih menyelidiki pembunuh Abe

Akie Abe, istri mendiang mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, yang ditembak saat kampanye majelis tinggi Jepang, duduk di dalam kendaraan yang membawa jenazah Abe ke sebuah kuil, di Tokyo, Jepang pada Senin (11/7/2022). (ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

Polisi Jepang masih terus menyelidiki pembunuh Abe yang bernama Tetsuya Yamagami. Meski demikian, Yamagami belum didakwa secara resmi,

Yamagami mengaku menyimpan dendam terhadap kelompok agama tertentu, yang ia yakini memiliki hubungan dengan Abe. Ia menyebut bahwa kelompok agama tersebut membuat ibunya bangkrut.

Ibu Yamagami sendiri tercatat sebagai anggota Gereja Unifikasi. Yamagami tak pernah menjadi anggota gereja tersebut. Sementara ibunya hanya menghadiri acara gereja sekitar sebulan sekali.

Yamagami menembak Abe dengan senjata rakitannya sendiri. Tak heran, karena Yamagami pernah mendapat pelatihan di Angkatan Laut Jepang. 

Baca Juga: Dendam karena Ibunya Bangkrut, Ini Fakta Pembunuh Shinzo Abe 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya