TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Paus Fransiskus: Komunitas Harus Terbuka Dialog Antaragama

Paus meminta semua umat beragama di Indonesia hidup rukun

Paus Fransiskus bersama Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. (IDN Times/Sonya Michaella)

Intinya Sih...

  • Paus Fransiskus kunjungi Terowongan Silaturahim yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, Jakarta.
  • Paus meminta semua umat beragama di Indonesia hidup rukun, saling mendukung, dan menjadi simbol kerukunan beragama yang damai.

Jakarta, IDN Times - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik sekaligus Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus mengunjungi Terowongan Silaturahim yang menghubungkan antara Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, Jakarta.

"Ini tempat dialog, selamat untuk Anda sekalian. Biasanya kita membayangkan terowongan yang gelap dan sendirian, tapi di sini berbeda karena semuanya terang. Persahabatan kita bersama-sama akhirnya menuju terang yang sempurna," kata Paus di Masjid Istiqlal, Kamis (5/9/2024).

Paus juga menyinggung terkait Indonesia yang beragam, memiliki banyak agama dan suku.

"Dan terowongan ini adalah simbol, di mana semua orang bisa melewati terowongan ini menuju terang," ucap Paus.

Paus juga meminta agar semua umat beragama di Indonesia hidup rukun, saling mendukung, melawan masa-masa gelap dengan persaudaraan.

"Saya harap komunitas-komunitas bisa terbuka dialog antaraagama dan menjadi simbol kerukunan beragama yang damai. Semoga Tuhan Allah memberkati kita semua," ucap Paus.

Setelah mengunjungi Masjid Istiqlal, Paus bakal bergerak ke Kantor Waligereja Indonesia (KWI) di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, untuk bertemu dengan para penerima manfaat organisasi amal.

Sore harinya, Paus akan memimpin Misa Agung di Gelora Bung Karno (GBK), yang dimulai sekitar pukul 16.15 WIB, diawali dengan Paus menyapa umat dengan popemobile, yaitu Maung MV3.

Baca Juga: Paus Fransiskus Kunjungi Terowongan Silaturahim Masjid Istiqlal

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya