TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Partai Oposisi Bangladesh Gelar Demo Hari Ini

Partai dipimpin Khaleda Zia yang baru saja bebas

ilustrasi demonstran di Bangladesh (unsplash.com/Tanvir Khondokar)

Intinya Sih...

  • Partai Nasionalis Bangladesh (BNP) mengadakan aksi unjuk rasa di depan kantor pusatnya, dengan ketua sementara BNP Tarique Rahman sebagai pembicara utama.
  • Khaleda Zia, mantan Perdana Menteri Bangladesh yang baru saja bebas dari penjara, belum dikonfirmasi akan hadir dalam aksi tersebut.
  • Dhaka memprioritaskan hubungan dengan Pakistan selama pemerintahan Zia, sementara Hasina kabur ke India dan meminta izin terbang ke New Delhi.

Jakarta, IDN Times - Partai Nasionalis Bangladesh (BNP), yang merupakan partai oposisi utama pemerintahan mantan Perdana Menteri Sheikh Hasina, mengadakan aksi unjuk rasa, hari ini.

Menurut BNP, aksi tersebut dilaksanakan di depan kantor pusat partai itu di Naypaltan, Dhaka, dan ketua sementara BNP Tarique Rahman akan menyampaikan pidato sebagai tamu utama.  

BNP meminta anggota partainya maupun organisasi-organisasi lain beserta orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat untuk menghadiri aksi itu, seperti dilansir ANTARA, Rabu (7/8/2024).

Baca Juga: Profil Muhammad Yunus, Peraih Nobel yang Jadi PM Sementara Bangladesh

1. Belum diketahui Khaleda Zia akan hadir atau tidak

Pengumuman itu tidak menyebutkan apakah ketua partai dan mantan Perdana Menteri Bangladesh Khaleda Zia, yang dibebaskan dari penjara pada Selasa (6/8), akan menghadiri aksi tersebut.

Platform partai BNP sebagian besar berfokus pada dukungan untuk ekonomi pasar, Islam, nasionalisme Bengali, anti komunisme, dan reformasi sosial untuk mengurangi kemiskinan dan memodernisasi masyarakat.

Selama dua periode pemerintahan Zia, dari 1990 hingga 1996 dan dari 2001 hingga 2006, Dhaka memprioritaskan penguatan hubungan dengan Pakistan daripada kerja sama dengan India.

2. Zia pernah menjabat sebagai PM Bangladesh

Zia adalah perempuan pertama yang menjabat sebagai perdana menteri Bangladesh. Selama ini dia menjadi tahanan rumah karena menggelar protes anti-pemerintah untuk menggulingkan eks PM Sheikh Hasina.

Presiden Mohammed Shahabuddin memerintahkan pembebasan Zia setelah Hasina kabur dari Dhaka ke India pada Senin kemarin.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya