TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menlu Retno Bertemu Menlu Peru Bahas Banyak Hal, Termasuk soal Visa

Salah satunya adalah percepatan pembaharuan bebas visa

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (IDN Times/Sonya Michaella)

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Peru, Ana Cecilia Gervasi Diaz, di Jakarta, Senin (4/9/2023) kemarin.

Kedua menlu membahas kerja sama bilateral dan kawasan. Mereka juga menyambut baik Sidang Komisi Bersama ke-4 dan Forum Konsultasi Bilateral ke-5 yang dilaksanakan Agustus lalu.

Baca Juga: Buka KTT ASEAN, Jokowi: Jangan Jadikan ASEAN Arena Rivalitas

1. Sepakat percepat pembaharuan perjanjian bebas visa

Menlu Retno Marsudi hadiri KTT ke-8 ASEAN-Amerika Serikat (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Selain itu, Retno dan Diaz sepakat menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut dengan aksi konkret, termasuk mempercepat pembaharuan perjanjian bebas visa untuk paspor diplomatik dan dinas.

Indonesia dan Peru juga sepakat membentuk Indonesia-Peru Comprehensive Partnership Agreement (CEPA) pada 15 Agustus 2023. CEPA ini diyakini akan mendorong kerja sama perdagangan yang lebih seimbang dan saling menguntungkan, serta negosiasi ditargetkan tuntas pada akhir 2024.

2. Peru diundang hadiri INALAC

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Selain itu, Retno juga mengundang perusahaan-perusahaan Peru untuk menghadiri INA-LAC Business Forum dan Trade Expo Indonesia (TEI), guna meningkatkan perdagangan kedua negara.

Terkait isu kawasan, Diaz tegaskan dukungan terhadap keketuaan Indonesia di ASEAN, termasuk upaya menjadikan Asia Tenggara pusat pertumbuhan. Dia juga mendukung sentralitas ASEAN dalam menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran kawasan.

Baca Juga: Fakta-fakta seputar KTT ASEAN yang Perlu Kamu Ketahui!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya