TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menlu Retno akan Bawa Isu Palestina di Pertemuan ASEAN

AMM-PMC digelar pekan ini di Vientiane, Laos

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di ASEAN Media Forum. (IDN Times/Sonya Michaella)

Intinya Sih...

  • Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan menyuarakan isu Palestina di ASEAN Ministerial Meeting di Laos. Retno akan menghadiri setidaknya 19 pertemuan, termasuk Troika Myanmar dan pertemuan tingkat menteri East Asia Summit. Retno juga akan mendorong keberlanjutan agenda prioritas Indonesia di ASEAN tahun lalu dan menegaskan pentingnya penerapan Lima Poin Konsensus untuk Myanmar.

Jakarta, IDN Times - Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Sidharto Suryodipuro, mengatakan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan terus menyuarakan isu Palestina di ASEAN Ministerial Meeting, yang digelar pekan ini di Laos.

“Ini akan menjadi satu pesan konsisten yang akan disampaikan Bu Menlu dalam pertemuan-pertemuan tersebut,” kata Arto, sapaan akrabnya, di Jakarta, Jumat, 19 Juli 2024..

“Indonesia juga akan memanfaatkan AMM dan Post Ministerial Conference ini untuk mendorong semakin banyak negara-negara ASEAN mengakui kedaulatan Palestina,” tegas dia.

1. Ini agenda Retno di AMM-PMC

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Sidharto Suryodipuro (tengah). (IDN Times/Sonya Michaella)

Retno bakal menghadiri ASEAN Ministerial Meeting serta ASEAN Post Ministerial Conference (AMM-PMC) di Vientiane, Laos. Rangkaian AMM-PMC sudah dimulai sejak kemarin.

Arto mengatakan Retno bakal menghadiri setidaknya 19 pertemuan. Salah satunya konsultasi informal menyangkut Troika Myanmar.

“Pertemuan didahului oleh pertemuan komite perwakilan asing pada Senin (22/7/2024), dan pertemuan pejabat senior tingkat ASEAN pada Selasa, 23 Juli,” ungkap dia.

Baca Juga: Menlu RI Desak Israel Segera Akhiri Pendudukan Ilegal di Palestina

2. Retno akan hadiri beberapa pertemuan penting lainnya

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Sidharto Suryodipuro (tengah). (IDN Times/Sonya Michaella)

Selain pertemuan tersebut, Retno juga akan menghadiri pertemuan tingkat menteri East Asia Summit (EAS) ke-14, pertemuan tingkat menteri ke-25 ASEAN Plus Three (APT) antara anggota ASEAN dan China, Jepang, dan Korea Selatan, serta Forum Regional ASEAN (ARF) ke-31.

“Dalam sesi plenary AMM, Retno akan mendorong keberlanjutan agenda prioritas yang dicapai dalam keketuaan Indonesia di ASEAN tahun lalu,” ucap Arto.

Baca Juga: Mahkamah Internasional Desak Israel Setop Pencaplokan di Palestina

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya