TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Layanan E-Paspor Pertama Ada di KJRI Sydney Australia

Berharap bisa memudahkan WNI dan diaspora setempat

Peluncuran pembukaan layanan e-paspor KJRI Sydney. (dok. KJRI Sydney)

Intinya Sih...

  • Konsul Jenderal RI Sydney membuka acara peluncuran e-paspor di KJRI Sydney pada 5 September 2024.
  • Peluncuran e-paspor pertama kali di Australia bertujuan meningkatkan layanan Perwakilan RI kepada WNI dan mendukung hubungan antara Indonesia dan Australia.
  • Layanan e-paspor diharapkan mempermudah perjalanan lintas negara bagi diaspora WNI, termasuk anak-anak berusia lima tahun ke atas yang tinggal di luar negeri.

Jakarta, IDN Times - Konsul Jenderal RI untuk Sydney, Vedi Kurnia Buana membuka acara peluncuran e-paspor yang diadakan di KJRI Sydney pada 5 September 2024.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI Pahala Nugraha Mansury, Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim, Duta Besar RI Australia Siswo Pramono, serta perwakilan pelajar, komunitas Indonesia dan diaspora Indonesia di Sydney.

Acara ini menjadi momen bersejarah karena peluncuran e-paspor tersebut merupakan yang pertama kali diadakan di wilayah Australia.

1. Tingkatkan layanan perwakilan untuk WNI

Peresmian pembukaan layanan e-paspor KJRI Sydney. (dok. KJRI Sydney)

Pahala yang juga turut meresmikan peluncuran layanan e-paspor KJRI Sydney ini berharap bahwa perwakilan Indonesia di luar negeri dapat memberikan layanan yang lebih baik bagi para WNI setempat.

"Peluncuran e-paspor ini merupakan upaya meningkatkan layanan Perwakilan RI kepada WNI sebagai bagian dari prioritas kebijakan luar negeri, pelayanan dan pelindungan WNI,” kata Pahala, dalam keterangan KJRI Sydney, Jumat (6/9/2024).

Ditambahkan juga, diharapkan layanan e-paspor akan mendukung upaya Indonesia meningkatkan people-to-people contact dengan Australia, khususnya antar pelaku bisnis dan peningkatan tenaga kerja profesional Indonesia yang bekerja di Australia.

Baca Juga: KJRI: Tawaran Beasiswa Kuliah di Hong Kong Naik 50 Persen

2. Mempermudah komunitas diaspora

Peresmian pembukaan layanan e-paspor KJRI Sydney. (dok. KJRI Sydney)

Sementara itu, Vedi menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada segenap pimpinan dan staf Ditjen Imigrasi atas terpilihnya KJRI Sydney untuk menginisiasi layanan e-paspor pertama di Australia dan Pasifik.

“Dengan adanya penambahan fitur e-paspor pada layanan imigrasi, tentunya akan semakin mempermudah dan menambah kebanggaan serta percaya diri bagi komunitas/diaspora WNI di luar negeri dalam melakukan perjalanan lintas negara,” tutur dia.

Dirjen Imigrasi Silmy Karim mengungkapkan yang tinggi kepada segenap pimpinan dan staf Ditjen Imigrasi atas terpilihnya KJRI Sydney untuk menginisiasi layanan e-paspor pertama di Australia dan Pasifik.

“Dengan adanya penambahan fitur e-paspor pada layanan imigrasi, tentunya akan semakin mempermudah dan menambah kebanggaan serta percaya diri bagi komunitas/diaspora WNI di luar negeri dalam melakukan perjalanan lintas negara,” ungkap Silmy.

 

Baca Juga: Imigrasi Luncurkan Paspor Merah Putih, Silmy: Fokus untuk Keamanan

3. E-paspor pertama diberikan kepada WNI di New South Wales

Dirjen Imigrasi Silmy Karim. (dok. KJRI Sydney)

Sebagai simbol peresmian layanan e-paspor, Dirjen Imigrasi Bapak Silmy Karim memberikan e-paspor kepada Ibu Suherli Handajani, WNI di New South Wales yang akan berulang tahun ke-93 pada Oktober 2024 mendatang.

Selain itu diberikan juga e-paspor kepada WNI berusia lima tahun, Asia Pithioud yang saat ini tinggal di Sydney.

“Khusus untuk adinda Asia Pithioud, kalau tahun depan pulang ke Indonesia saat berusia enam tahun, sudah bisa lewat autogate,” ujar Silmy.

Sejak 26 Agustus 2024, anak warga negara Indonesia/asing berusia enam tahun atau lebih sudah dapat melintas masuk/keluar Indonesia menggunakan autogate. Teknologi pengenal wajah yang semakin canggih memungkinkan deteksi wajah bahkan pada anak usia enam tahun. Dengan inovasi ini, anak-anak akan merasa lebih nyaman melalui proses imigrasi di bandara.

 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya