TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lawrence Wong  Dilantik Jadi PM Singapura, Gantikan Lee Hsien Loong 

Lawrence Wong dapat dukungan penuh dari Partai PAP

Upacara penobatan Lawrence Wong jadi PM Singapura. (Dok X @lawrencewongST)

Jakarta, IDN Times - Lawrence Wong resmi dilantik sebagai Perdana Menteri keempat Singapura pada Rabu (15/5/2024).

Pelantikan Lawrence Wong menandai transisi kepemimpinan pertama negara itu dalam 20 tahun terakhir. Dalam pidato pertamanya usai dilantik, Lawrence mengucapkan terima kasih kepada pendahulunya, Lee Hsien Loong.

"Kami berutang budi padanya,” kata Lawrence, dikutip dari Channel News Asia.

Lee dipastikan bakal tetap ada di kabinet pemerintahan baru yang dibentuk Lawrence, di mana dia bakal menduduki posisi Menteri Senior.

Lawrence Wong yang berusia 51 tahun adalah Perdana Menteri Singapura pertama yang lahir setelah negara itu merdeka pada 1965.

Baca Juga: PM Singapura Lee Hsien Loong Resmi Mengundurkan Diri 

1. Bakal melayani warga Singapura sepenuh hati

Lawrence berjanji dalam kondisi sulit nantinya, ia dan kabinet pemerintahan tidak akan menyerah demi masa depan Singapura.

"Ketika keadaan menjadi sulit, kami tidak menyerah. Kami terus maju, dengan keyakinan terhadap sesama warga negara kami dan masa depan Singapura," tegas dia.

“Ini adalah janji saya kepada seluruh warga Singapura: Saya akan melayani Anda dengan sepenuh hati. Saya tidak akan pernah puas dengan status quo. Saya akan selalu mencari cara yang lebih baik, untuk membuat hari esok lebih baik dari hari ini,” katanya.

2. Mendapat dukungan penuh partai PAP untuk gantikan Lee Hsien Loong

Lawrence Wong juga mendapatkan dukungan penuh dari seluruh anggota Parlemen Singapura dari Partai Aksi Rakyat (PAP), yang membentuk pemerintahan Singapura saat ini.

PAP saat ini menguasai 79 dari 104 kursi Parlemen Singapura, sehingga siapa pun yang mereka dukung menjadi perdana menteri, sudah dijamin mendapat dukungan mayoritas di Parlemen.

Seluruh perdana menteri Singapura sejak kemerdekaan negara tersebut hingga saat ini, adalah anggota PAP, dan ia sendiri adalah wakil sekretaris jenderal partai itu.

Baca Juga: Daftar 10 Orang Terkaya Singapura versi Forbes, Ada Siapa Saja?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya