TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Konflik Myanmar Tak Halangi ASEAN Jadi Pusat Pertumbuhan

Menlu Retno sebut KTT ASEAN bermanfaat untuk rakyat

Para pemimpin negara ASEAN di KTT ke-43 ASEAN. (IDN Times/Sonya Michaella)

Jakarta, IDN Times - Presiden Republik Indonesia Joko “Jokowi” Widodo menekankan, meski masih ada isu konflik Myanmar di ASEAN, isu tersebut tidak menghalangi Asia Tenggara menjadi pusat pertumbuhan. 

“Apakah sudah tepat mengingat masih ada urusan Myanmar? Tepat. Sangat tepat, karena di tengah rivalitas dan ketegangan geopolitik dunia butuh poros agar tetap berputar pada jalurnya,” kata Jokowi, dalam konferensi pers usai gelaran KTT ASEAN, di Jakarta Convention Center, Kamis (7/9/2023).

“Dan ASEAN punya potensi besar untuk itu karena pertumbuhan kita bertumbuh di ASEAN, di atas rata-rata dunia. Bonus demografi juga ada, stabilitas politik juga terjaga, dan saya melihat jadi tugas Indonesia bersama negara ASEAN lainnya memastikan bahwa kapal ASEAN harus terus berlayar,” tutur dia.

Selain itu, ada banyak keputusan yang sudah dihasilkan soal pertumbuhan ASEAN, terutama di bidang ekonomi. Adapun deretan kesepakatan itu adalah soal pengembangan baterai kendaraan listrik (electric vehicle/EV) dan percepatan pelaksanaan transaksi mata uang lokal.

“Sedangkan, untuk pelaksanaan ASEAN Indo Pacific Forum menghasilkan sekitar 93 proyek dengan nilai 38,2 miliar dolar AS. Ini adalah kerja sama konkret yang bermanfaat untuk rakyat,” tegas Jokowi.

Pernyataan Jokowi ini diamini oleh Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi, yang mengatakan bahwa banyak hal yang dihasilkan di KTT ASEAN kali ini, mayoritas adalah kebutuhan dari masyarakat.

“Misalnya proteksi migran, proteksi Anak Buah Kapal (ABK), jejaring desa, inisiatif kesehatan dan membangun ekosistem EV di antara negara ASEAN, serta dengan mitra,” kata Retno.

Retno juga menegaskan bahwa keketuaan Indonesia juga menguatkan sejumlah pilar-pilar yang ada seperti ketahanan pangan, energi, kesehatan, dan keuangan.

Baca Juga: Pidato Lengkap Presiden Jokowi di Penutupan KTT ASEAN 2023

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya