TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kim Jong Un ke Putin: Kami Selalu Bersama Rusia

Pertemuan Kim Jong Un dan Putin berlangsung selama dua jam

Pemimpin Korut Kim Jong Un bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, September 2023. (dok. Twitter @nknewsorg)

Jakarta, IDN Times - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un menyatakan bahwa Korut akan terus mendukung Rusia. Hal ini diungkapkan Kim saat bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kim juga mengatakan, Moskow siap membantu Pyongyang untuk membangun satelit dan dua negara akan mengeratkan kerja sama militer.

“Korut akan menjadikan hubungan bilateral dengan Rusia sebagai prioritas nomor satu, dan saat ini memang Rusia sedang menghadapi ‘kekuatan hegemoni’ yang berusaha melemahkan keamanannya,” kata Kim kepada Putin, dikutip dari Channel News Asia, Kamis (14/9/2023).

Baca Juga: Kim Jong Un Tiba di Rusia: Kunjungan Strategis Diduga Bahas Senjata

1. Pertemuan berlangsung selama dua jam

Sementara itu, pertemuan antara Kim dan Putin disebut berlangsung selama dua jam. Sesudah itu, mereka makan malam bersama.

Beberapa jam menjelang pertemuan puncak tersebut, Korut bahkan sempat meluncurkan dua rudal balistik jarak pendek dari dekat Ibu Kota Pyongyang ke laut lepas pantai timur.

2. Putin ajak Kim berkeliling fasilitas peluncuran luar angkasa

Dalam rekaman yang beredar di media sosial, usai menyambut Kim, Putin lantas mengajaknya berkeliling di dalam fasilitas peluncuran luar angkasa. 

Kim dan Putin terlihat mengobrol dan dikelilingi oleh pasukan keamanan serta beberapa media Rusia.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya