TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kesederhanaan Paus Fransiskus saat Berkunjung ke RI

Paus tak menginap di hotel berbintang hingga mobil biasa

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas menyambut kedatangan Paus Fransiskus (dok. Kemenag)

Jakarta, IDN Times - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik sekaligus Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus, tiba di Indonesia. Pesawat ITA Airways yang membawa rombongan Paus dari Roma, tiba di Bandara Soekarno Hatta, tepat pukul 11.30 WIB, Selasa, 2 September 2024.

Penyambutan ketibaan Paus disiapkan cukup apik dari pemerintah Indonesia dan panitia kunjungan Apostolik Paus Fransiskus selama di Jakarta. Paus akan berada di Jakarta pada 3-6 September 2024.

Keluar dari pesawat, Paus menggunakan kursi roda. Paus pun disambut dua anak Indonesia yang memberikan bunga. Paus pun mengucapkan terima kasih dan berkat kepada dua anak Papua tersebut.

Selain itu, ada pula Menteri Agama RI Yaqut Cholil; Dewan Pertimbangan Presiden, Gandi Sulistiyanto; Duta Besar RI untuk Vatikan, Trias Kuncahyono; serta Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Piero Pioppo; dan juga Ketua Panitia Pelaksana Kunjungan Paus ke Indonesia, Ignasius Jonan.

Hadir pula Kepala Protokol Negara sekaligus Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri RI, Andy Rachmianto.

1. Terbang dari Roma ke Jakarta pakai pesawat komersial

(IDN TImes/Maya Aulia Aprilianti)

Tak seperti kepala negara lainnya, Paus memilih memakai pesawat komersial, ITA Airways, yang lepas landas dari Bandara Fiumicino, Roma, Italia, menuju Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Pesawat komersial Paus berjenis Airbus A330neo.

Indonesia merupakan negara pertama yang disambangi Paus dalam tur Asia-nya. Turut serta pula tiga jurnalis Indonesia dalam rombongan tur Paus, yang berasal dari Harian Kompas, Tempo dan Rakyat Merdeka.

Baca Juga: Menag Harap Paus Fransiskus Lihat Keberagaman di RI Terpelihara Baik

2. Paus menginap di Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta

Suasana sekitar Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta. (IDN Times/Sonya Michaella)

Lagi-lagi, Paus tak bermewah-mewah ketika melakukan kunjungan ke negara lain. Di Jakarta, Paus menginap di Kedutaan Besar Vatikan di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, ketimbang di hotel bintang lima.

Pantauan IDN Times kemarin di lokasi, hingga pukul 15.00 WIB, tidak ada pengamanan ketat di sekitar Kedubes Vatikan. Mobil polisi bahkan berjaga di samping Stasiun Gambir, dekat Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS).

Hanya ada satu anggota Paspampres di depan Kedubes Vatikan dan dua petugas keamanan.

3. Paus tolak mobil antipeluru, pilih Toyota Innova Zenix

Paus Fransiskus melambaikan tangan saat melintasi kawasan Bundaran HI, Jakarta, Selasa (3/9/2024). (ANTARA FOTO/)Dhemas Reviyanto)

Selain itu, Paus juga meminta agar disediakan mobil seperti layaknya warga biasa. Tak mau mobil antipeluru atau mobil khusus.

Adapun mobil Toyota Innova Zenix warna putih sudah menunggu di Bandara Soetta untuk mengantarkan Paus selama berada di Jakarta. Bahkan, Paus duduk di kursi depan, samping pengemudi.

Saat melintas di Jalan MH Thamrin pun ia membuka kaca serta melambaikan tangannya kepada warga.

Nantinya di misa aghung yang digelar di Gelora Bung Karno (GBK) pada 5 September 2024, Paus akan menumpangi popemobile saat datang nanti, yang dibuat khusus dari basis Pindad Maung MV3 Tangguh. Dari video dan foto yang beredar di media sosial, mobil tersebut memiliki atap terbuka namun dengan penutup khusus pada bagian depannya.

Dari kendaraan ini, Paus bakal menyapa umat Katolik yang hadir dalam misa Ekaristi di GBK.

Baca Juga: Paus Fransiskus Menginap di Kedubes Vatikan, Tak Ada Pengamanan Khusus

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya