TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Keren! Menlu Retno Dapat Penghargaan dari Presiden Palestina

Karena konsisten perjuangkan hak Palestina

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menerima Medal of Honour ‘The Star of Merit of the Order of the State of Palestine’ dari Presiden Palestina, Y.M. Mahmoud Abbas. (IDN Times/Sonya Michaella)

Intinya Sih...

  • Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, terima penghargaan dari Palestina
  • Penghargaan diberikan oleh Utusan Khusus Presiden Palestina, Riyad al-Maliki di Jakarta
  • Retno menegaskan konsistensi Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menerima Medal of Honour ‘The Star of Merit of the Order of the State of Palestine’ dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Utusan Khusus Presiden Palestina, Riyad al-Maliki, yang sedang berada di Jakarta.

“Atas nama Presiden Negara Palestina, saya memberikan Medal of Merit kepada Yang Mulia Menteri Luar Negeri dan sangat penting untuk mengetahui bahwa pekerjaannya, komitmennya selama bertahun-tahun sebagai kolega yang telah bekerja sama dalam beberapa tahun terakhir,” kata al-Maliki, di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Senin (19/8/2024).

“Saya mengungkapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya ini diberikan atas dukungan Anda yang konsisten dan berani terhadap hak-hak yang sah dari rakyat Palestina,” ucap al-Maliki.

 

1. Kehadiran al-Maliki yang simbolik

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menerima Medal of Honour ‘The Star of Merit of the Order of the State of Palestine’ dari Presiden Palestina, Y.M. Mahmoud Abbas. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sementara itu, Retno mengaku sangat terhormat bisa menerima penghormatan dari Palestina tersebut. Ia menyebut bahwa kehadiran al-Maliki hari ini saat simbolik.

Al-Maliki turut hadir dalam acara peresmian Gedung Pancasila yang selesai dipugar. Acara ini juga dihadiri puluhan duta besar asing negara sahabat Indonesia.

“Al-Maliki hadir saat kita juga sedang merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Ini sangat simbolik,” ucap Retno.

“Palestina adalah salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Penghargaan tadi adalah apresiasi Palestina ke pemerintah Indonesia, tapi masih ada satu PR besar dunia yaitu kemerdekaan Palestina,” tegas Retno.

 

Baca Juga: 10 Tahun Jadi Menlu, Retno Ucapkan Terima Kasih ke Dubes Asing

2. Palestina jadi amanah konstitusi Indonesia

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (IDN Times/Sonya Michaella)

Menurut Retno, bukan perkara medal atau penghargaan apa pun, melainkan bagaimana Indonesia bisa terus konsisten memperjuangkan kemerdekaan Palestina di tengah gempuran dan jajahan Israel.

“Ini bukan masalah medal, tapi bagaimana kita konsisten karena itu amanah konsitutsi kita. Untuk pertama kalinya juga, wajah baru Gedung Pancasila, akan ada pertemuan bilateral dengan Palestina,” katanya.

Baca Juga: Israel Gunakan Warga Palestina sebagai Perisai Manusia di Gaza

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya