TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kemlu: Indonesia Diakui sebagai Mitra Pembangunan Negara Berkembang 

Indonesia Africa Forum 2024 digelar bulan depan

Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI, Situ Nugraha Mauludiah. (YouTube.com/FMB9)

Intinya Sih...

  • Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 digelar bulan depan di Bali dengan tema 'Bandung Spirit for Africa's 2063 Agenda'.
  • Indonesia telah menyelenggarakan lebih dari 1000 program Kerja Sama Selatan-Selatan dan Triangular (KSST) dalam dua dekade terakhir.

Jakarta, IDN Times - Komitmen Indonesia dalam pembangunan di Afrika diwujudkan dengan gelaran Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 pada September di Bali dengan tema ‘Bandung Spirit for Africa’s 2063 Agenda.’

“Hal ini merupakan bagian dari upaya pemerintah RI dalam mewujudkan komitmen untuk turut mendorong tercapainya tujuan pembangunan global, khususnya di negara-negara berkembang,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI, Siti Nugraha Mauludiah, dalam jumpa pers daring, Kamis (15/8/2024).

Komitmen Indonesia dalam mendukung tercapainya pembangunan di negara-negara berkembang ini dilandasi oleh semangat Konferensi Asia-Afrika dan sebagai wujud nyata kepemimpinan Indonesia dalam Gerakan Non-Blok.

Baca Juga: Kemlu RI Pantau WNI Relawan MER-C di Gaza

1. Indonesia juga konsisten kerja sama Selatan-Selatan

Direktur Jenderal Informasi dan Publik Kementerian Luar Negeri RI, Siti Nugraha Mauludiah. (IDN Times/Sonya Michaella)

Nining, sapaan akrabnya, menegaskan, Indonesia terus konsisten dan telah berperan aktif dalam pelaksanaan kerja sama Selatan-Selatan maupun pemberian hibah.

“Kita patut berbangga bahwa dalam dua dekade terakhir, Indonesia telah menyelenggarakan lebih dari 1000 program Kerja Sama SelatanSelatan dan Triangular (KSST),” ucap Nining.

Program-program KSST tersebut tidak hanya dilaksanakan untuk negara-negara Afrika, tetapi juga untuk negara-negara di kawasan Asia, Pasifik, Afrika, Timur Tengah, Amerika Selatan dan Karibia serta Eropa Timur dan Eropa.

Baca Juga: Negosiasi Gencatan Senjata Gaza Digelar Hari Ini di Qatar

2. Indonesia diakui sebagai mitra pembangunan internasional

Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI, Situ Nugraha Mauludiah. (YouTube.com/FMB9)

Nining menjelaskan, di mata internasional, saat ini Indonesia semakin diakui sebagai mitra pembangunan bagi negara-negara berkembang yang diandalkan atau a reliable southern provider.

“Inisiatif dan peran kepemimpinan Indonesia sebagai emerging donor juga semakin diakui. Indonesia berhasil merangkul negara-negara emerging donor lainnya untuk bersama-sama memperkuat posisi dalam menghadapi tantangan global melalui Emerging Development Partners Meeting pada bulan Juni yang lalu,” ucap Nining.

Baca Juga: Kemlu Kembali Imbau WNI untuk Tunda Pergi ke Lebanon, Iran, Israel

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya