TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kemlu Buka Suara Soal Tuduhan Israel RS Indonesia Bantu Hamas 

Iqbal menyatakan RS Indonesia masih terus beroperasi

Ilustrasi Kementerian Luar Negeri RI. (IDN Times/Sonya Michaella)

Jakarta, IDN Times - Kementerian Luar Negeri RI menanggapi tudingan militer Israel yang menyebut Rumah Sakit Indonesia yang ada di utara Gaza digunakan untuk melindungi Hamas dengan membangun terowongan bawah tanah.

Juru bicara Kemlu RI, Lalu Muhamad Iqbal, menyebut RS Indonesia ini adalah fasilitas yang dibangun masyarakat Indonesia sepenuhnya untuk tujuan kemanusiaan dan melayani kebutuhan medis masyarakat Palestina di Gaza.

“RS Indonesia saat ini sudah dikelola sepenuhnya oleh otoritas Palestina di Gaza, meskipun dari waktu ke waktu selalu ada relawan Indonesia yang membantu,” kata Iqbal, dalam pesan singkatnya, Selasa (7/11/2023).

Baca Juga: RS Indonesia di Gaza Minta Perlindungan dari Pemerintah Indonesia

1. RS Indonesia masih berfungsi normal saat ini

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhamad Iqbal (kiri) (IDN Times/Sonya Michaella)

Sementara itu, Iqbal mengonfirmasi juga bahwa RS Indonesia masih beroperasi saat ini untuk melayani pasien.

“RS Indonesia adalah satu dari segelintir fasilitas kesehatan yang masih berfungsi di Gaza di tengah jumlah korban serangan Israel yang terus bertambah setiap harinya. Rumah sakit ini saat ini merawat pasien dalam jumlah jauh melampaui kapasitasnya,” ujar Iqbal.

2. Tiga relawan WNI tidak ingin dievakuasi

RS Indonesia di Jalur Gaza. (Dok. Tim MER-C Indonesia)

Iqbal mengatakan juga bahwa tiga relawan Warga Negara Indonesia (WNI) tidak ingin ikut evakuasi pemerintah Indonesia lantaran ingin melanjutkan misi kemanusiaan di Gaza.

“Terkait 3 WNI relawan di rumah sakit Indonesia, mereka dalam kondisi baik dan secara sadar memilih untuk tidak ikut dievakuasi oleh pemerintah. Kemlu terus berkomunikasi dengan ketiga WNI tersebut guna memonitor kondisinya,” ungkap Iqbal.

Baca Juga: Israel Tuding RS Indonesia Lindungi Hamas

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya