TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi Tekankan Lagi Sentralitas ASEAN

Jokowi buka KTT ke-43 ASEAN dalam format pleno

Presiden Jokowi Resmi Buka KTT ke-43 ASEAN 2023 (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jakarta, IDN Times - Presiden Republik Indonesia Joko “Jokowi” Widodo resmi membuka KTT ke-43 ASEAN dalam format pleno. Jokowi kembali menyinggung kunci utama untuk menghadapi tantangan dunia adalah kesatuan dan sentralitas ASEAN.

“Arah ASEAN jelas, menjadi epicentrum of growth. Modal ASEAN besar untuk meraihnya. Tapi ASEAN harus mampu bekerja lebih keras, lebih kompak, lebih berani, dan lebih gesit,” kata Jokowi, di Plenary Hall, JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

“Selain itu, ASEAN juga butuh strategi taktis jangka panjang yang relevan dan sesuai harapan rakyat. Yang tidak hanya untuk 5 tahun ke depan, tapi 20 tahun ke depan sampai 2045. Dan saya mengapresiasi dukungan negara anggota ASEAN dalam pembahasan ASEAN Concord IV,” lanjut dia.

Baca Juga: KTT ke-43 ASEAN Dimulai, Jokowi Sambut Para Pemimpin Negara

1. ASEAN eratkan kerja sama dengan IORA dan PIF

Presiden RI Joko Widodo sambut Sultan Brunei Hassanal Bolkiah. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sementara itu, ASEAN sebagai bagian dari kawasan Indo Pasifik juga terus konsisten bekerja keras, baik menggunakan pendekatan inklusif melalui kerjasama Sekretariat ASEAN dengan Sekretariat Pacific Island Forum (PIF) dan Indian Ocean Rim Association (IORA).

“Maupun pendekatan ekonomi dan pembangunan ASEAN-Indo Pacific Forum, sehingga ASEAN bisa berdampak bagi rakyatnya dan juga bagi dunia. ASEAN sebagai kapal besar memiliki tanggung jawab yang juga besar pada ratusan juta jiwa rakyat yang berlayar bersama di dalamnya,” tegas Jokowi.

2. Kapal ASEAN harus terus melaju

Para pemimpin negara ASEAN di KTT ke-43 ASEAN. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi melanjutkan, sebagai para pemimpin ASEAN, harus memastikan bahwa kapal ini mampu terus melaju, mampu terus berlayar, dan kita harus jadi nahkoda di kapal kita sendiri untuk mewujudkan perdamaian, mewujudkan stabilitas, mewujudkan kemakmuran bersama. 

Saat ini, sedang berlangsung KTT ke-43 ASEAN dalam formal pleno, yang nantinya akan dilanjutkan dalam format retreat.

Baca Juga: Jokowi: Kesatuan ASEAN Masih Terpelihara dengan Baik

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya