TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi Akan Tegaskan Posisi RI soal Gaza ke Biden

Jokowi-Biden bakal bertemu pada 13 November

Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden (dok. Sekretariat Presiden)

Jakarta, IDN Times - Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhamad Iqbal membenarkan bahwa Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Washington DC, pada 13 November mendatang.

Beberapa isu akan dibahas, terutama soal perkembangan situasi di Gaza saat ini yang masih digempur oleh Israel.

“Presiden Jokowi akan sampaikan posisi Indonesia mengenai situasi di Gaza kepada Presiden Biden,” kata Iqbal, dalam keterangannya, Kamis (9/11/2023).

Baca Juga: Jokowi Didesak Bicara ke Joe Biden soal Kondisi Gaza

Baca Juga: WNI Relawan di Gaza: RS Indonesia Krisis Obat dan BBM

1. Bakal sampaikan fokus OKI soal Gaza

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sebelum ke Negeri Paman Sam, Jokowi terlebih dahulu akan menghadiri KTT OKI di Arab Saudi yang membahas kondisi Gaza. Menurut Iqbal, Jokowi juga akan menyampaikan hasil KTT OKI kepada Biden.

“Karena pertemuan bilateral tersebut berlangsung persis setelah KTT OKI, dipastikan Presiden Jokowi juga akan menyampaikan hasil-hasil KTT tersebut kepada Presiden Joe Biden,” ucap Iqbal lagi.

“Sebagaimana biasa dalam kunjungan bilateral Presiden Jokowi, isu kerjasama ekonomi juga akan menjadi salah satu fokus,” lanjut dia.

2. Jokowi akan hadiri KTT Luar Biasa OKI di Saudi

Pertemuan OKI di Jeddah (dok. KJRI Jeddah)

Jokowi juga dipastikan bakal menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), yang digelar di Riyadh, Arab Saudi, Minggu, 12 November 2023, untuk membahas serangan Israel ke Gaza, Palestina.

"Presiden direncanakan akan hadir pada KTT Luar Biasa OKI untuk bahas Gaza," ujar Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, kepada awak media, kemarin.

Baca Juga: Bahas Gaza, Jokowi Akan Hadiri KTT Luar Biasa OKI di Arab Saudi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya