TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jelang INALAC 2024, Indonesia Gelar Festival Budaya di Peru

Perdana INALAC digelar di luar Indonesia

Festival Budaya Indonesia di Lima, Peru. (dok. Kemlu RI)

Intinya Sih...

  • Festival Budaya Indonesia diselenggarakan di Parque Kennedy, Miraflores, Lima, Peru pada 8 September 2024.
  • Pertunjukan seni dan budaya Indonesia, termasuk tarian tradisional, lagu daerah, parade pakaian Nusantara, dan demonstrasi musik etnis Bali.
  • Dibuka oleh Duta Besar RI untuk Peru Ricky Suhendar dan Dirjen Amerika dan Eropa Kemlu Umar Hadi serta dihadiri tokoh masyarakat Peru.

Jakarta, IDN Times - Sebagai rangkaian the Indonesia - Latin America and the Caribbean Business Forum (INA-LAC) 2024, Festival Budaya Indonesia telah diselenggarakan pada 8 September 2024 di Parque Kennedy, Miraflores, Lima, Peru

Festival kebudayaan ini diinisiasi oleh Kementerian Luar Negeri RI bekerja sama dengan KBRI Lima, berlangsung meriah dan diramaikan oleh berbagai kalangan masyarakat kota Lima.

1. Banjir pertunjukan seni dan budaya

Festival Budaya Indonesia di Lima, Peru. (dok. Kemlu RI)

Para pengunjung antusias menyaksikan berbagai pertunjukan seni dan budaya Indonesia, mulai dari tarian tradisional (Tari Saman, Tari Aceh Ratoeh Jaroe, Tari Jejer Banguwangi, Tari Bajidor Kahot dan Tari Bhinneka) yang dibawakan oleh Kelompok Ayodya Pala, lagu daerah hingga parade pakaian Nusantara.

Musisi etnis ternama asal Bali, Balawan dan groupnya secara khusus menyuguhkan sejumlah lagu daerah, seperti Jali-Jali dan Bengawan Solo, serta melakukan demonstrasi cara memainkan Gamelan dan Kotekan Bali, dikutip dari laman Kemlu RI, Selasa (10/9/2024).

Baca Juga: Dua Penebang Peru Hilang akibat Bentrok dengan Suku Amazon

2. Dihadiri Wali Kota Miraflores dan Kemlu Peru serta warga Peru

Festival Budaya Indonesia di Lima, Peru. (dok. Kemlu RI)

Festival Budaya Indonesia ini dibuka secara resmi oleh Duta Besar RI untuk Peru, Ricky Suhendar, bersama Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemlu, Umar Hadi. 

Sejumlah tokoh masyarakat dan pejabat tinggi Peru, termasuk kalangan diplomatik asing, turut menghadiri Festival ini, antara lain yaitu Walikota Miraflores, Carlos Canales, Dirjen Asia dan Oceania Kemlu Peru, Duta Besar negara-negara sahabat, serta Miss Peru dan Miss World Peru 2024, yang hadir secara khusus untuk memeriahkan acara tersebut.

“Festival Budaya Indonesia ini merupakan bagian dari kegiatan Forum Bisnis Indonesia dan Amerika Latin dan Karibia atau Indonesia-Latin America and the Caribbean (INALAC) Business Forum 2024 di Peru, khususnya untuk promosikan budaya dan pariwisata Indonesia,” kata Ricky.

"Kita ingin membawa suasana Indonesia lebih dekat ke masyarakat Peru. Seni dan budaya menjadi jembatan perekat yang sangat efektif dalam mendekatkan hubungan masyarakat Indonesia dan Peru. Harapan kita ke depan, semakin banyak warga negara Peru yang berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Indonesia,” lanjut dia.

Baca Juga: Kemlu Benarkan Ada WNI Disekap di Myawaddy Myanmar

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya