TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jasad Ismail Haniyeh Dimakamkan di Qatar Hari ini

Digelar upacara pemakaman di Teheran sejak kemarin

Ismail Haniyeh (Website/council.gov.ru/Dewan Federasi Majelis Federal Federasi Rusia)

Intinya Sih...

  • Jasad Ismail Haniyeh, pemimpin Hamas, akan dimakamkan di Doha, Qatar hari ini setelah tewas dalam serangan udara di Teheran, Iran.
  • Upacara pemakaman di Teheran sudah digelar sejak Kamis dan Iran menetapkan tiga hari berkabung atas kematian Haniyeh.

Jakarta, IDN Times - Jasad pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh bakal dimakamkan di Doha, Qatar, hari ini, Jumat (2/8/2024). Jasad Haniyeh dilaporkan sudah tiba di Doha sejak Kamis (1/8/2024).

Haniyeh tewas dalam serangan udara di Teheran, Iran, pada 31 Juli 2024, saat berada di tempat tinggalnya usai menghadiri pelantikan Presiden Iran Masoud Pezeshkian.

Dilansir dari Anadolu, upacara pemakaman sudah terlebih dahulu digelar di Teheran sejak Kamis. Iran juga menetapkan tiga hari masa berkabung atas kematian Haniyeh.

Upacara pemakaman di Teheran dipimpin langsung oleh pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei. 

Sampai saat ini, Israel masih bungkam terkait tewasnya Haniyeh. Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu tidak mengiyakan tuduhan dari Iran dan Hamas yang menduga pelakunya adalah Israel. Dia juga tidak menampiknya.

Baca Juga: Masjid Istiqlal Gelar Salat Gaib untuk Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh

1. Jusuf Kalla bakal hadiri pemakaman Haniyeh

Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla bertemu dengan pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh di Doha, Qatar. (dok. tim media JK)

Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla bakal menghadiri pemakaman Haniyeh di Doha. Didampingi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia 2004-2007, Hamid Awaluddin, JK terbang dari Jakarta ke Doha, Kamis.

JK menyampaikan, kehadiran delegasi Indonesia ialah untuk memenuhi harapan dari rakyat Palestina.

"Ini memenuhi harapan agar mengirimkan delegasi Indonesia ke sana dan kami diundang menghadiri pemakaman almarhum Ismail Haniyeh," katanya.

Baca Juga: Ribuan Warga Protes Pembunuhan Pemimpin Hamas Haniyeh

2. Duka Jusuf Kalla atas tewasnya Haniyeh

Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla bertemu dengan pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh di Doha, Qatar. (dok. tim media JK)

Sebelumnya, JK menyampaikan duka cita mendalam atas tewasnya pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Atas wafatnya almarhum Ismail Haniyeh. Haniyeh adalah seorang pejuang palestina di Gaza, dia mempunyai kepemimpinan yang kuat di kalangan Palestina,” kata JK.

JK juga mengenang pertemuannya dengan Haniyeh tiga pekan lalu di Doha, Qatar. Saat itu, Haniyeh mengungkapkan keinginannya untuk mengunjungi Indonesia.

“Dia sampaikan juga ke saya, dia mau menyelesaikan persoalan Hamas dan Fatah dulu di Beijing setelah itu bisa berkunjung ke Indonesia bersama dengan Fatah. Namun tentu Allah telah memanggilnya ke Rahmatullah di Teheran,” lanjut JK.

Baca Juga: JK Ungkap Keinginan Ismail Haniyeh Berkunjung ke Indonesia 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya