TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Iran Tuding Israel Dalang Tewasnya Ismail Haniyeh  

Sampai saat ini belum ada pernyataan dari Israel

Ismail Haniyeh (Website/council.gov.ru/Dewan Federasi Majelis Federal Federasi Rusia)

Jakarta, IDN Times - Kedutaan Besar Iran di Jakarta mengeluarkan pernyataan bahwa dalang dari insiden pembunuhan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh yang tewas di Teheran, Iran, adalah Israel.

“Setelah 10 bulan menyerang Gaza, menyerang anak-anak dan perempuan Palestina, melanggar hukum internasional serta mencegah bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza, kini giliran tewasnya Ismail Haniyeh sekali lagi menunjukkan wajah jahat rezim Zionis kepada dunia,” sebut pernyataan Kedubes Iran di Jakarta, Jumat (2/8/2024).

“Pembunuhan Syahid Ismail Haniyeh oleh rezim Zionis adalah bukti lain dari sifat teroris, agresif, pelanggar hukum dan kriminal dari rezim pendudukan Al-Quds. Aksi teroris ini tidak hanya melanggar prinsip dan aturan hukum internasional dan Piagam PBB; melainkan hal ini dianggap sebagai ancaman serius terhadap perdamaian serta keamanan regional dan internasional,” lanjut pernyataan tersebut.

1. Singgung dukungan beberapa negara Barat untuk Israel

Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mohammad Boroujerdi. (IDN Times/Rendy)

Iran menyebut bahwa Israel melakukan pelanggaran berulang-ulang terhadap hukum internasional dan hukum kemanusiaan internasional dalam 76 tahun terakhir dengan menduduki Palestina.

“Tel Aviv mengupayakan niat jahat dengan berbagai cara selama 76 tahun terakhir, termasuk upaya melakukan genosida terhadap warga Palestina, berbagai serangan di Gaza dan Lebanon, pembunuhan terhadap tokoh perlawanan terkemuka serta melakukan operasi teroris di negara lain,” ungkap Iran.

“Tak hanya tidak ada tindakan efektif yang diambil oleh komunitas internasional untuk menghentikan kejahatan rezim ini, sebaliknya, dukungan Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara Barat terhadap Israel justru berujung pada berlanjutnya kejahatan rezim Zionis dan pelanggaran aturan dan hukum internasional oleh rezim perampas wilayah Palestina ini,” lanjut pernyataan Iran.

Baca Juga: Iran Ancam Bakal Balas Israel soal Tewasnya Ismail Haniyeh 

2. Jasad Haniyeh dimakamkan hari ini

Jasad Haniyeh bakal dimakamkan di Doha, Qatar, hari ini. Jasad Haniyeh dilaporkan sudah tiba di Doha sejak Kamis kemarin.

Haniyeh tewas dalam serangan udara di Teheran, Iran, pada 31 Juli 2024, saat berada di tempat tinggalnya usai menghadiri pelantikan Presiden Iran Masoud Pezeshkian, Selasa kemarin.

Upacara pemakaman sudah terlebih dahulu digelar di Teheran sejak kemarin. Iran juga menetapkan tiga hari masa berkabung atas kematian Haniyeh.

Sampai saat ini, Israel masih bungkam terkait tewasnya Haniyeh. Perdana Menteri Israel Netanyahu tidak mengiyakan tuduhan dari Iran dan Hamas yang menduga pelakunya adalah Israel, pun tidak menampiknya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya