TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Indonesia Siap Sambut Paus Fransiskus Besok

Paus bakal tiba di Jakarta, Selasa (3/9/2024)

Paus Fransiskus di antara umat (unsplash.com/Ashwin Vaswani)

Intinya Sih...

  • Paus Fransiskus tiba di Indonesia pada Selasa (3/9/2024) sebagai bagian dari tur Asia tahun ini.
  • Indonesia menjadi negara pertama dalam rangkaian kunjungan, dilanjutkan ke Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.
  • Persiapan menyambut Paus telah dilakukan, termasuk kesehatan, keamanan, pengaturan lalu lintas, serta parkir. Misa akan diadakan di Stadion Gelora Bung Karno.

Jakarta, IDN Times - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik sekaligus Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus, bakal tiba di Indonesia pada Selasa (3/9/2024). Kunjungan ke Indonesia ini merupakan bagian dari tur Asia Paus Fransiskus tahun ini.

Indonesia akan menjadi negara pertama dalam rangkaian kunjungan ini, yaitu pada 3 hingga 6 September 2024. Sesudah itu, Paus bakal ke Port Moresby, Papua Nugini, dan Vanimo sejak 6 hingga 9 September 2024, Dili, Timor Leste, dari 9 hingga 11 September 2024 dan Singapura pada 11 hingga 13 September 2024.

Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC, menyatakan Gereja Indonesia sangat bersyukur dan bersukacita menyambut kedatangan Paus Fransiskus.

"KWI bekerja sama dengan Nunsius Apostolik Tahta Suci Vatikan untuk Indonesia membentuk panitia pada April 2024 dan sudah bekerja mempersiapkan segala sesuatu sampai saat ini. Ada 56 Panitia Inti dan 107 Relawan Inti terlibat dalam persiapan ini," kata Antonius, dalam keterangan KWI, Senin (2/9/2024).

1. Sudah siap menyambut Paus

Paus Fransiskus saat memimpin misa. (instagram.com/franciscus)

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kunjungan Paus ke Indonesia, Ignasius Jonan, menyatakan bahwa Indonesia sudah siap menyambut Paus Fransiskus, besok.

"Hingga saat ini agenda perjalanan Paus, seperti sudah diumumkan sebelumnya, masih sesuai rencana. Panitia sudah menggelar persiapan di setiap venue maupun berkoordinasi lintas sektor untuk mempersiapkan yang terbaik pada kunjungan apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia," kata Jonan.

"Termasuk soal kesehatan sudah disiapkan tim kesehatan untuk Paus dan untuk seluruh umat, demikian juga soal keamanan, pengaturan lalu lintas, serta parkir sudah disiapkan tim panitia bersama sektor pemerintah terkait," lanjut dia.

Baca Juga: 270 Petugas Siaga Amankan Kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Soetta

2. Paus bakal gelar misa di Gelora Bung Karno

Suasana pertandingan Indonesia vs Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (6/6/2024). (IDN Times/Sandy Firdaus).

Yang istimewa, Paus Fransiskus bakal menggelar misa di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada 5 September 2024 sore.

Gereja Indonesia diminta berdoa untuk kelancaran kunjungan Paus. Bahkan disiapkan kelompok doa yang terus-menerus berdoa tanpa henti untuk kelancaran acara ini. Seluruh umat di Indonesia dalam ibadah-ibadahnya mendoakan doa khusus yang disebarkan kepada semua umat. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya