TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Eks PM Thaksin Shinawatra Perdana Muncul di Publik

Thaksin bebas bersyarat bulan lalu

Eks PM Thailand Thaksin Shinawatra. (dok. X @ThaiEnquirer)

Jakarta, IDN Times - Mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra akhirnya muncul ke publik. Thaksin mengunjungi salah satu kuil di Bangkok pada Kamis (14/3/2024), sebelum terbang ke Chiang Mai menggunakan jet pribadi.

Dilansir dari Channel News Asia, Kamis, ini adalah pertama kalinya Thaksin muncul di publik sejak bebas bersyarat dari penjara pada Februari lalu.

Thaksin divonis 8 tahun penjara dengan tuduhan penyalahgunaan kekuasaan kala menjabat sebagai PM.

Baca Juga: Polri Sebut Fredy Pratama Ada di Hutan Thailand

1. Banyak pendukung Thaksin menunggu di Chiang Mai

Thaksin mendarat di Chiang Mai sekitar pukul 09.40 pagi waktu setempat. Ia disambut oleh adik perempuan dan iparnya sebelum menyapa para pendukung yang sudah menunggu kehadirannya.

“17 tahun saya telah menunggunya. Dia tetap PM di hati saya,” kata Samniang Kongpolparn yang melakukan perjalanan dari Surin ke Chiang Mai untuk melihat Thaksin.

Thaksin didampingi oleh putrinya, Paetongtarn Shinawatra yang juga merupakan ketua Partai Pheu Thai.

Baca Juga: Basuki Sebut Rumah Menteri di IKN Kecil sampai Dikomentari Luhut

2. Thaksin mengasingkan diri ke Dubai

Dalam masa persembunyiannya selama 17 tahun, Thaksin dikabarkan tinggal di Dubai, Uni Emirat Arab. Dia melakukan aktivitas bisnisnya di Thailand dari jarak jauh sebelum memutuskan kembali ke negaraya. 

“Saya tidak percaya apa yang akan saya tulis. Ayah akan kembali pada 10 Agustus di bandara Don Meung,” tulis putrinya, Paetongtarn Shinawatra di halaman Facebook.

“Hati saya dan semua orang di keluarga kami merasa bingung, bahagia dan khawatir, tapi kami menghormati keputusan ayah,” tambahnya.

Walau didakwa atas sejumlah kasus korupsi, nama Thaksin dan Partai Pheu Thai tetap populer bagi masyarakat pedesaan dan kelompok pekerja. 

Baca Juga: Eks PM Thailand Thaksin Shinawatra Bebas Bersyarat

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya