TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dokumen Rahasia AS Sebut 50 Pasukan Inggris Ada di Ukraina 

Laporan ini ada di dokumen AS yang bocor

PM Inggris Rishi Sunak dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (Twitter.com/UK Prime Minister)

Jakarta, IDN Times - Dokumen Amerika Serikat (AS) yang bocor pekan lalu mengungkap sejumlah laporan terkait perang di Ukraina. Salah satunya adalah laporan bahwa Inggris telah mengerahkan sebanyak 50 pasukan khusus ke Ukraina, antara Februari hingga Maret tahun ini.

Dilansir dari The Guardian, Rabu (12/4/2023), namun laporan itu menyebut bahwa tidak jelas apa yang dilakukan oleh pasukan khusus Inggris ini.

Baca Juga: Inggris: Kami Terus Dukung Ukraina Lawan Rusia!

Baca Juga: Pertama Kali sejak Invasi Rusia ke Ukraina, Zelenskyy Kunjungi Inggris

1. Dokumen berisi perkembangan di Ukraina

Anggota Pasukan Serangan Udara Ukraina berpartisipasi dalam latihan taktis di lapanga latihan di sebuah lokasi yang tidak diketahui di Ukraina, dalam foto yang disiarkan Jumat (18/2/2022). ANTARA FOTO/Press Service of the Ukrainian Air Assault Forces/Handout via REUTERS.

Sejumlah dokumen AS yang bocor di internet tersebut dilaporkan memang sudah ada yang diedit oleh pihak tak bertanggung jawab. Namun, ada beberapa dokumen yang diyakini asli termasuk laporan perkembangan situasi di Ukraina.

Dalam satu bagian laporan berjudul US/NATO SOF in UKR dan berlabel rahasia, dokumen ini mencantumkan jumlah pasukan khusus negara Barat di Ukraina dan salah satunya adalah pasukan khusus Inggris.

Baca Juga: Eks PM Inggris Boris Johnson Kunjungi Ukraina, Ada Apa?

2. Kemenhan Inggris menyangkal laporan tersebut

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Inggris menegaskan bahwa laporan itu tidak akurat terkait keberadaan pasukan khusus Inggris di Ukraina.

“Para pembaca dokumen bocor itu harus berhati-hati menyerap informasi yang salah dan mengandung tuduhan,” sebut pernyataan dari Kemenhan Inggris.

Senada dengan Inggris, juru bicara Kemenhan AS Chirs Meagher menduga bahwa dokumen ini adalah yang dipalsukan oleh pihak tak bertanggung jawab.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya