TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 WNI Relawan MER-C Sudah Dievakuasi ke Gaza Selatan

Mereka menunggu kesempatan keluar dari Gaza

Ketua Presidium Mer-C, Sarbini Abdul Murad (tengah). (dok. Youtube MER-C Indonesia)

Jakarta, IDN Times - MER-C Indonesia menyatakan bahwa saat ini tiga relawan Warga Negara Indonesia (WNI) sudah dievakuasi dari Rumah Sakit Indonesia di Gaza utara ke Rafah, Gaza selatan.

“Ketiga relawan saat ini menunggu kesempatan evakuasi keluar dari Gaza,” sebut pernyataan MER-C di laman Instagram @mercindonesia, Kamis (23/11/2023).

Baca Juga: 11 Hari Hilang Kontak, MER-C Akhirnya Bisa Hubungi 3 Relawan di Gaza

1. Kondisi 3 WNI relawan terpantau baik

Tiga relawan WNI ini sempat hilang kontak dengan MER-C dan Kementerian Luar Negeri RI selama 11 hari terakhir, sampai pada Senin kemarin RS Indonesia mendapat serangan dari militer Israel.

Ketua Presidium MER-C, Sarbini Abdul Murad mengatakan, pada pukul 17.30 WIB kemarin, pihaknya akhirnya bisa berkomunikasi dengan ketiga relawan tersebut, yakni Fikri Rofiul Haq, Reza Aldilla Kurniawan, dan Farid Zanzabil Al Ayubi.

“Jam 5 lewat 30 kami mendapat kontak dari sumber kami, dan kami langsung bisa berkomunikasi dengan salah seorang relawan, yaitu saudara Reza,” kata Sarbini dalam konferensi pers virtual, Rabu (22/11/2023).

2. Indonesia sambut baik gencatan senjata sementara di Gaza

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (IDN Times/Sonya Michaella)

Indonesia menyambut positif tercapainya kesepakatan gencatan senjata sementara di Gaza.

“Indonesia secara konsisten menyerukan pentingnya penghentian kekerasan secara berkelanjutan guna membuka akses bagi bantuan kemanusiaan secara luas ke Gaza, termasuk bantuan dari pemerintah dan rakyat Indonesia,” sebut pernyataan dari Kementerian Luar Negeri RI.

Kesepakatan tersebut juga diharapkan akan membuka peluang bagi pengakhiran konflik secara permanen, serta dimulainya pembahasan yang serius bagi perdamaian yang menyeluruh dan adil.

Baca Juga: MER-C Minta Pemimpin Dunia Setop Genosida Israel di Jalur Gaza 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya