TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

SUGBK Sudah Steril Jelang Misa Bersama Paus Fransiskus

Masyarakat bisa olahraga di GBK, tapi...

Potret revitalisasi lapangan SUGBK, Rabu (10/7/2024). (IDN Times/Tino).

Intinya Sih...

  • Pusat Kawasan Gelora Bung Karno (PPKGBK) melakukan rekayasa untuk menyambut kedatangan Paus Fransiskus ke Jakarta.
  • Penutupan ring road dan SUGBK hingga Jumat dilakukan untuk proses pembersihan dan melepaskan properti yang mendukung misa.
  • Masyarakat tetap bisa berolahraga di kawasan GBK, namun diimbau mencari alternatif lokasi karena penumpukan massa terjadi saat Paus Fransiskus hadir.

Jakarta, IDN Times - Pengelola Pusat Kawasan Gelora Bung Karno (PPKGBK) melakukan sejumlah rekayasa demi menyambut kedatangan Paus Fransiskus ke Jakarta. Mereka menerapkan sejumlah skenario demi memperlancar misa yang digelar pada Kamis (5/9/2024).

Salah satunya adalah sterilisasi kawasan ring road Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Karena misa digelar di SUGBK, maka ring road sudah ditutup sejak hari ini (3/9/2024).

"Kami memang melakukan sejumlah rekayasa. Ring road sudah kami sterilisasi untuk persiapannya. Karena Sri Paus tamu kenegaraan, maka kami harus menyiapkan skenario yang baik," ujar Direktur Umum PPKGBK, Hadi Sulistia, saat ditemui di Artotel Senayan, Selasa (3/9/2024).

1. Ring road SUGBK ditutup hingga Jumat

PPKGBK di SUGBK, Rabu (10/7/2024). (IDN Times/Tino).

Penutupan ring road dan SUGBK nantinya akan berlangsung hingga Jumat (6/9/2024). Ada alasan khusus, mengapa SUGBK ditutup hingga Jumat nanti.

Salah satunya adalah terkait proses pembersihan, hingga melepaskan berbagai properti yang mendukung misa bersama Paus Fransiskus.

"Ditutup hingga Jumat, karena kan ada proses unloading juga. Kemudian, proses pembersihan juga dilaksanakan seharian, makanya biar gak terganggu ditutup. Kami terapkan strategi semut, jadi di mana ada gula, itulah konsentrasinya. Ketika ada sampah, titiknya di situ akan dikonsentrasikan," kata Hadi.

Baca Juga: Hindari Senayan! 1.390 Bus Menuju GBK saat Misa Agung Paus Fransiskus

2. Misa dipastikan tak pakai area lapangan sepak bola SUGBK

Potret revitalisasi lapangan SUGBK, Rabu (10/7/2024). (IDN Times/Tino).

Terkait area yang digunakan, CEO PPKGBK, Rakhmadi Afif Kusumo, menyatakan misa di SUGBK tak akan menggunakan lapangan sepak bola. Hanya jogging track SUGBK yang dipakai untuk misa bersama Paus Fransiskus.

"Jogging track kami lapisi dengan grass cover juga. Itu dilakukan agar terlindungi kualitas jogging track di SUGBK. Jadi, rumputnya aman, terbuka. Nanti masyarakat bisa lihat," ujar pria yang akrab disapa Adi itu.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya