TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Topan Shanshan Hantam Jepang Barat Daya, 40 Terluka

Warga diminta waspada dan bersiap untuk mengungsi

Ilustrasi angin topan. (pixabay.com/WikiImages)

Intinya Sih...

  • Topan Shanshan mendarat di Kyushu, Jepang barat daya, dengan hujan lebat dan angin kencang
  • Topan bergerak ke utara-timur laut Kyushu, menyebabkan curah hujan lebih dari 700 mm dalam 48 jam
  • Pemerintah prefektur mencatat 40 orang cedera, JR Kyushu hentikan operasi kereta, dan ribuan rumah tanpa listrik

Jakarta, IDN Times - Topan kuat Shanshan menghantam daratan di pulau utama Kyushu di barat daya Jepang pada Kamis (29/8/2024). Pulau Kyushu terdiri dari 7 prefektur, yakni Fukuoka, Kagoshima, Saga, Nagasaki, Oita, Kumamoto, dan Miyazaki.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) mengatakan topan tersebut membawa hujan lebat dan angin kencang yang dapat menghancurkan beberapa rumah. Pihaknya juga mengatakan peringatan topan khusus yang langka telah dikeluarkan untuk sebagian besar wilayah Prefektur Kagoshima. 

"Topan Shanshan mendarat di dekat Satsumasendai di Kagoshima sekitar pukul 08:00 pagi waktu setempat, saat bergerak ke utara dengan kecepatan 15 km per jam dengan kecepatan angin hingga 216 km/jam. Tekanan atmosfer di pusatnya mencapai 955 hektopascal," kata JMA, dikutip dari Kyodo News.

1. Beberapa wilayah telah menerima curah hujan lebih dari 700 mm dalam waktu 48 jam

JMA melaporkan, hingga pukul 10:00 pagi topan Shanshan bergerak ke utara-timur laut kota Minamata di Prefektur Kumamoto dengan kecepatan 15 km per jam. Beberapa daerah telah menerima curah hujan lebih dari 700 mm hanya dalam waktu 48 jam. 

Disebutkan, awan hujan lebat dapat terbentuk di sebagian besar wilayah Kyushu. Hal itu akan meningkatkan risiko bencana terkait hujan.

Para ahli meteorologi juga mengatakan topan tersebut mungkin menimbulkan hembusan angin yang cukup kuat untuk merobohkan beberapa rumah, NHK News melaporkan.

Pemerintah prefektur Kagoshima, Kumamoto, dan Miyazaki mencatat, hingga Kamis, setidaknya 40 orang mengalami cedera akibat topan Shanshan.

2. Operator transportasi umum batalkan kereta api dan penerbangan

Ilustrasi kereta peluru Jepang, Shinkansen. (unsplash.com/Rikku Sama)

JR Kyushu telah menghentikan sebagian operasi kereta peluru shinkansennya sejak Rabu malam. Pihaknya menuturkan, penghentian itu akan mencakup semua layanan kereta berkecepatan tinggi dan layanan kereta lainnya di pulau itu pada Kamis sore.

Beberapa kereta peluru juga akan dibatalkan pada Kamis malam di bagian dari Hakata di Kyushu utara menuju Hiroshima di Jepang barat, menurut JR West.

Sementara itu, Japan Airlines (JAL) dan All Nippon Airways (ANA) telah membatalkan banyak penerbangan ke dan dari bandara di wilayah tersebut.

Verified Writer

Rahmah N

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya