TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Malaysia Laporkan Kasus Mpox Strain Clade 2

Pasien telah diisolasi dan dalam kondisi stabil

Ilustrasi bendera Malaysia. (unsplash.com/Aaron Lee)

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan Malaysia melaporkan satu kasus baru infeksi virus mpox jenis clade 2. Dalam pernyataannya pada Selasa (17/9/2024), kementerian mengungkapkan bahwa pasien tersebut saat ini telah diisolasi dan dalam kondisi stabil.

Kasus itu terdeteksi pada Senin. Pasien adalah seorang pria yang mulai menunjukkan gejala demam, sakit tenggorokan, dan batuk pada 11 September, dengan ruam yang muncul keesokan harinya.

1. Kontak dari pasien tersebut sedang diidentifikasi

Kementerian menyebutkan, pasien adalah seorang warga negara Malaysia, tidak melakukan perjalanan ke luar negeri dalam 21 hari sebelum timbulnya gejala.

"Semua kontak pasien ini sedang diidentifikasi. Status kesehatannya akan dipantau sesuai dengan prosedur operasi standar yang ketat," kata kementerian, dikutip dari Reuters.

Sejak Juli 2023, Negeri Jiran telah mendeteksi 10 kasus mpox, di mana semuanya merupakan strain clade 2, varian dari virus mpox yang tidak terlalu parah.

Baca Juga: 400 Anak Diduga Korban Kekerasan Seksual di Malaysia

2. Malaysia telah mengaktifkan operasi mpox sejak 16 Agustus

Ilustrasi virus mpox. (unsplash.com/National Institute of Allergy and Infectious Diseases)

The Star melaporkan, Malaysia telah mencatat sembilan kasus mpox pada 15 Agustus. Ini termasuk dari kasus pertama yang terdeteksi pada 26 Juli tahun lalu dan kasus terakhir pada November.

Kementerian Kesehatan mengatakan semua kasus yang dilaporkan memiliki riwayat aktivitas berisiko tinggi dan telah pulih tanpa ada kematian yang dilaporkan. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan mpox sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional untuk kedua kalinya pada 14 Agustus. Ini menyusul penularan cepat varian clade 1b dari Republik Demokratik (RD) Kongo dan negara-negara tetangga di Afrika.

Merespons hal ini, Malaysia pun segera mengaktifkan operasi mpox dan pusat tanggap krisis cepat pada 16 Agustus.

Verified Writer

Rahmah N

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya