TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Korsel Brencana Beri Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Banjir Korut

Meski belum pasti apakah Korut akan menerima bantuan Korsel

Ilustrasi bendera Korea Selatan. (pexels.com/Mirko Kuzmanovic)

Jakarta, IDN Times - Palang Merah Korea Selatan (Korsel) mengusulkan pemberian bantuan kemanusiaan kepada Korea Utara (Korut) yang mengalami kerusakan akibat hujan lebat di sepanjang Sungai Amnok.

Pihaknya bersedia segera mendukung korban banjir Korut dengan pasokan yang diperlukan dari sudut pandang kemanusiaan dan persaudaraan. 

"Kami siap membahas barang, skala, dan metode dukungan dengan mitra Korut kami. Kami mengharapkan tanggapan cepat dari Korut," kata badan tersebut pada Kamis (1/8/2024), dikutip dari Yonhap.

1. Korsel memperkirakan banjir di Korut merenggut banyak korban jiwa

Menurut media pemerintah Korut KCNA, banjir yang terjadi di daerah dekat perbatasan Korut-China telah diguyur hujan lebat yang mengakibatkan lebih dari 4.100 rumah dan hampir 3 ribu hektare lahan pertanian terendam.

Selain itu, bangunan umum, infrastruktur, jalan raya, dan rel kereta api mengalami kerusakan yang signifikan. Laporan itu juga menyoroti bahwa pilot helikopter Angkatan Udara Korut berhasil menyelamatkan sekitar 4.200 penduduk tersebut.

Korut tidak mengungkapkan rincian jumlah korban jiwa. Namun, Kementerian Unifikasi Korsel mengatakan banjir di Korut kemungkinan telah menelan cukup banyak korban jiwa. Ini menyusul laporan mengenai jumlah korban tewas atau hilang kemungkinan lebih dari seribu orang.

Baca Juga: Kim Jong Un Evakuasi 5 Ribu Warga dari Banjir Korut

2. Bantuan kemanusiaan untuk korban banjir Korut di tengah ketegangan di Semenanjung Korea

Sebelumnya, Kementerian Unifikasi mengumumkan bahwa analisis citra satelit menunjukkan kerusakan banjir yang luas di sepanjang perbatasan Korut-China.

Citra satelit memperlihatkan hujan deras yang melanda Korut baru-baru ini telah membanjiri Pulau Wihwa di kota Sinuiju, yang terletak di Sungai Amnok, serta Kabupaten Uiju di Provinsi Pyongan Utara dan kota Manpo di Provinsi Jagang.

Proposal bantuan terbaru ini datang meski ada peningkatan ketegangan di Semenanjung Korea, akibat tindakan provokatif Pyongyang yang terus berlanjut dan meningkatnya permusuhan terhadap Seoul.

Pemerintah Korsel siap memberikan bantuan kemanusiaan kepada Korut terlepas dari situasi politik dan keamanan di kawasan. Akan tetapi, masih belum pasti apakah Korut akan menerima usulan bantuan tersebut.

Verified Writer

Rahmah N

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya