TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Presiden Zelenskyy: Ancaman Rusia Tidak hanya untuk Ukraina

Zelenskyy minta seluruh pemimpin dunia untuk bersatu

Potret Volodymyr Zelenskyy saat bepidato di pertemuan Majelis Umum PBB di New York. (Twitter.com/Volodymyr Zelenskyy / Володимир Зеленський)

Jakarta, IDN Times - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy meminta kepada pemimpin dunia untuk menunjukkan persatuan mereka dalam menghadapi invasi Rusia di Ukraina yang terus berlanjut. Zelenskyy juga mengatakan Moskow "mempersenjatai" pangan dan energi.

Ini adalah pertama kalinya Zelenskyy berbicara di markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York sejak konflik pecah di negaranya tahun lalu. Dia menggambarkan invasi Rusia ke Ukraina sebagai ancaman terhadap tatanan global, termasuk senjata nuklir, ujarnya pada Selasa (19/8/2023).

“Pemusnahan massal mendapatkan momentumnya,” kata Zelenskyy. “Agresor mempersenjatai banyak hal lain dan hal-hal itu digunakan tidak hanya untuk melawan negara kami, tapi juga untuk negara Anda semua, rekan-rekan pemimpin,” imbuhnya, dikutip Washington Post.

Baca Juga: Zelenskyy di Sidang PBB: Rusia Harus Setop Invasi!

Baca Juga: Bahas Bantuan buat Ukraina, Zelenskyy ke AS Temui Biden Pekan Depan

1. Zelenskyy mengaitkan kekurangan pangan global dengan agresi Rusia di Ukraina

Zelenskyy juga berusaha untuk mengaitkan kekurangan pangan global dan kenaikan harga energi dengan agresi Rusia terhadap negaranya. Presiden Ukraina itu juga mengatakan ketika pemanasan global menyebabkan kekeringan, cuaca ekstrem dan kehancuran, manusia hampir tidak bisa menghadapi perang dengan sebuah pilihan yang berdarah-darah.

“Ketika semua ini terjadi, bencana alam di Moskow memutuskan untuk melancarkan perang besar dan menewaskan puluhan ribu orang. Kita harus menghentikannya,” kata Zelenskyy, seraya menambahkan bahwa penghormatan terhadap supremasi hukum dan Piagam PBB penting bagi semua negara, bukan hanya negaranya sendiri.

2. Zelenskyy mengkritik Moskow

Dilansir Al Jazeera, Zelenskyy mengkritik Moskow dengan apa yang disebutnya sebagai upaya "mempersenjatai" kekurangan pangan global dengan imbalan pengakuan atas beberapa bahkan seluruh wilayah yang berhasil direbut Rusia.

Dia juga menuduh Rusia telah melakukan genosida dengan menculik anak-anak Ukraina. Zelenskyy juga mengatakan saat ini, Kiev sedang mempersiapkan untuk pertemuan puncak perdamaian global.

Perang yang berlangsung di Ukraina menjadi topik yang menonjol pada hari pertama debat umum tingkat tinggi PBB. Beberapa pemimpin dunia menjanjikan dukungan berkelanjutan untuk Kiev dalam pertemuan Majelis Umum PBB.

Baca Juga: Zelenskyy di Sidang PBB: Rusia Harus Setop Invasi!

Verified Writer

NUR M AGUS SALIM

peternak ulat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya