TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ucap Bismillah, Presiden Jokowi Resmi Buka KTT ke-43 ASEAN 2023

Jokowi mengaku senang menyambut tamu negara

Presiden Jokowi buka KTT ke-43 ASEAN di Jakarta (YouTube)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Dalam sambutannya, Jokowi mengajak seluruh negara di kawasan ASEAN untuk tumbuh bersama.

"Mari kita bersama mewujudkan kerja sama yang setara dan saling menguntungkan untuk berlayar bersama menuju epicentrum of growth. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, KTT ke-43 ASEAN dan KTT lainnya dengan ini resmi saya nyatakan dibuka," ujar Jokowi, Selasa (5/9/2023).

Jokowi mengaku senang menyambut tamu negara yang hadir di KTT ke-43 ASEAN 2023. Jokowi mengatakan, Indonesia menganggap tamu negara yang hadir sebagai keluarga.

"Selamat datang di Jakarta pada acara KTT ke-43 ASEAN. Saya dan seluruh rakyat Indonesia sangat senang menyambut kehadiran keluarga besar ASEAN. Saya yakin tidak hanya Indonesia, tapi seluruh negara anggota ASEAN memiliki rasa kebanggaan yang sama, memiliki rasa kecintaan yang sama terhadap keluarga yang kita beri nama ASEAN," ucap dia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengajak semua negara di kawasan ASEAN untuk bersatu. Dia berpesan, negara ASEAN terus menjunjung tinggi kesetaraan.

"Yang Mulia, pada momentum yang baik ini sebagai anggota keluarga dan sebagai ketua ASEAN, saya ingin menegaskan bahwa kesatuan ASEAN sampai dengan saat ini masih terpelihara dengan baik. kesatuan jangan diartikan tidak ada perbedaan pendapat. Sebagai negara yang memiliki beragama budaya, suku, bahasa, dan agama, bagi Indonesia, kesatuan itu adalah sebuah harmoni dalam perbedaan, termasuk di dalamnya perbedaan pendapat," imbuhnya.

Baca Juga: Fakta-fakta seputar KTT ASEAN yang Perlu Kamu Ketahui!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya