TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lagu Kemesraan Iringi Penutupan Misa Agung Paus Fransiskus

Lyodra Ginting menghibur jemaat sebelum meninggalkan stadion

Penutupan Misa Agung Paus Fransiskus di SUGBK, Jakarta Pusat, Kamis (5/9/2024) (IDN Times/Maya Aulia)

Jakarta, IDN Times - Pelaksanaan ibadah Misa Agung yang dipimpin langsung oleh Paus Fransiskus telah selesai dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (5/9/2024). Usai Paus Fransiskus meninggalkan SUGBK, Lyodra Ginting kembali menghibur para jemaat sebelum meninggalkan stadion.

Hal tersebut dilakukan untuk memecah kerumunan alur keluar para jemaat agar tidak terjadi penumpukan. Lyodra Ginting menyanyikan beberapa lagu doa dan juga lagu andalannya, layaknya konser tunggal.

Para jemaat pun lantas ikut bernyanyi dengan menyalakan lampu ponsel masing-masing. Lalu, Lyodra bersama para Romo menyanyikan lagu Kemesraan yang dipopulerkan oleh Iwan Fals dan Betharia Sonata.

Para jemaat pun ikut bernyanyi hingga suaranya menggema hingga ke pelataran SUGBK. Usai menyanyikan lagu Kemesraan, Lyodra menyanyikan lagu nasional, yakni Sorak Sorak Bergembira.

Para jemaat terlihat mengikuti imbauan dari petugas yang mengarahkan Stadion mana yang terlebih dahulu keluar. Pasalnya, banyak jemaat yang masih menikmati bernyanyi dan menonton penampilan Lyodra.

Paus Fransiskus selesai memimpin gelaran ibadah Misa Agung sekira pukul 18.19 WIB. Prosesi Misa tersebut ditutup dengan pidato Paus Fransiskus yang mengucapkan terimakasih ke Perwakilan Wali Gereja Katolik Indonesia.

Paus Fransiskus meninggalkan SUGBK dengan menggunakan mobil Innova Zenix berwarna putih. Ia kembali didorong dengan kursi roda dari panggung menuju mobil yang sudah berada sejak tadi di belakang panggung.

Dalam khotbah penutupnya, Paus Fransiskus mendoakan seluruh jemaat diberkati oleh Tuhan dan tetap dalam persaudaraan.

"Saudara terkasih semoga Allah memberkati anda semua dan membuat anda bertumbuh dan terus dalam damai dan kasih persaudaraan," kata Paus.

Paus pun berharap, kedatangannya ke sini, semakin membuat para jemaat Katolik lebih semangat untuk menerbarkan kasih ke sesama.

"Terimakasih karena terus peduli terhadap orang tidak mampu dan menolong mereka," kata Paus.

Baca Juga: Tepuk Tangan Akhiri Misa Agung Paus Fransiskus

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya